Breaking News:

Buah Sawo

CUKUP Makan Buah Sawo untuk Melawan Kanker

Buah sawo atau Chikoo yang manis dan lezat, bahan populer untuk makanan penutup, bisa menjadi jawaban untuk menghentikan penyebaran kanker.

indianexpress.com
Buah sawo yang manis dan segar bisa menjadi jawaban untuk menghentikan penyebaran kanker, menurut sebuah penelitian. 

TRIBUNKALTIM.CO - Buah sawo atau Chikoo yang manis dan lezat, bahan populer untuk makanan penutup, bisa menjadi jawaban untuk menghentikan penyebaran kanker, menurut sebuah studi oleh para ilmuwan India.

Para peneliti sekarang telah menunjukkan bahwa ekstrak metanol (alkohol) yang terkandung dalam keseluruhan buah sawo memiliki fitokimia aktif tertentu (senyawa yang berasal dari tumbuhan).

Senyawa yang terkandung dalam buah sawo itu dapat memicu serangkaian peristiwa yang terjadi dalam sel tumor yang mengarah ke kematian mereka (proses yang disebut apoptosis).

Baca juga: 10 Khasiat Luar Biasa Buah Sawo, Obati Gangguan Lambung hingga Sembuhkan Pilek dan Batuk

"Ada studi pendahuluan yang menggunakan dua fitokimia yang diisolasi dari buah sawo pada jalur sel kanker."

"Kami adalah studi pertama yang menggunakan ekstrak metanol buah sawo utuh yang mengeksplorasi sifat anti-kanker yang sama pada garis sel kanker yang berbeda dan pada model hewan."

"Hasil kami menunjukkan bahwa memasukkan buah sawo ke dalam makanan sehari-hari kita dapat melindungi dari genesis dan perkembangan kanker," Sathees C. Raghavan, profesor di departemen Biokimia, IISc, mengatakan kepada IANS dalam interaksi via e-mail.

Baca juga: JAGA Kesehatan Jantung dengan Konsumsi Buah Sawo

Studi kolaboratif dilakukan oleh para ilmuwan di Indian Institute of Science (IISc), Bangalore, dan Institute of Bioinformatics and Applied Biotechnology, Bangalore.

Penelitian itu diterbitkan pada bulan Agustus di jurnal Laporan Ilmiah Nature Publishing Group.

Raghavan menjelaskan:

"Kami telah menguji efeknya pada sel kanker yang berasal dari kanker yang berbeda seperti leukemia, ovarium, karsinoma paru-paru dan kanker payudara."

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved