Breaking News:

Berita Paser Terkini

Terkendala Anggaran, Gelaran Popda XVI Kaltim di Kabupaten Paser Resmi Ditunda

Gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVI Kaltim 2021 di Kabupaten Paser resmi ditunda, yang rencananya akan digelar 2022 mendatang

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Paser Muksin.TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER- Gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVI Kaltim 2021 di Kabupaten Paser resmi ditunda, yang rencananya akan digelar 2022 mendatang.

Penundaan tersebut tertuang dalam surat nomor: 425.22/6543/Dispora.IV, perihal penundaan pelaksanaan Popda XVI, yang ditanda tangani Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi tertanggal 24 November 2021.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Paser Muksin mengatakan, pihaknya baru menerima surat dari Dispora Kaltim.

"Secara lisan kami sudah dengar ada penundaan. Secara resminya, baru hari ini kita terima suratnya dari provinsi," jelas Muksin saat di konfirmasi melalui telefon, Kamis (25/11/2021).

Baca juga: Minta Kejelasan Popda, Kadisdikpora PPU Sebut 10 Disdikpora Akan Temui DPRD Kaltim

Baca juga: Popda Ditunda, Disdikpora PPU Anggap Persiapan Atlet Selama 7 Bulan Akan Sia-sia

Baca juga: Belum Ada Kejelasan, Popda XVI Kaltim di Paser Tunggu Kepastian dari Pemerintah Provinsi

Alasan penundaan gelaran Popda, tambahnya, karena tidak ada ketersediaan anggaran di APBD Perubahan Provinsi Kaltim 2021.

Sebelumnya pelaksanaan Popda rencananya dilangsungkan di Kabupaten Berau, yang anggarannya sudah di alokasikan sebesar Rp 5 miliar.

Namun Kabupaten Berau menyatakan mundur untuk pelaksanaan gelaran tersebut, kemudian Kabupaten Paser mengajukan sebagai tuan rumah Popda yang di dukukng oleh seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Timur.

"Mestinya anggaran dari provinsi itu harus dialihkan, tapi itu tidak dilakukan. Karena pandangan mereka nanti saja di perubahan baru dianggarkan, faktanya hal itu dilakukan, karena itu Popda di tunda tahun ini," urai Muksin.

Dalam surat tersebut Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyampaikan tiga poin yang ditujukan kepad Bupati/Walikota se-Kaltim.

Tertundanya gelaran Popda XVI disebabkan pada bantuan keuangan yang semestinya disiapkan Pemprov Kaltim tidak dapat terealisasi.

"Tidak ada kebijakan P-APBD, kami menyarankan agar pelaksanaan POPDA dimaksud ditunda di triwulan pertama tahun anggaran 2022," kata Wagub Kaltim dalam keterangan tertulisnya.

Meskipun tertunda, Kabupaten Paser tetap ditunjuk sebagai tuan rumah pada pelaksanaan gelaran Popda XVI Kaltim tahun 2022.

Baca juga: Tunggu Surat Pembatalan Gelaran Popda Kaltim XVI, Disporapar Paser Tetap Lakukan Perbaikan Venue

Dalam surat tersebut, Wakil Gubernur Kaltim menegaskan, anggaran untuk keperluan Popda XVI dapat dialokasikan kembali pada Tahun Anggaran 2022.

"Semoga segala persiapan yang sudah dilakukan oleh Kabupaten Paser sebagai tuan rumah dan Kabupaten/Kota lain, sebagai peserta dapat memberikan manfaat agar persiapan yang telah dilakukan dapat lebih baik lagi guna memberikan hasil dan prestasi yang lebih maksimal," tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved