Berita Pemprov Kalimantan Timur

Kaltim Investment Forum Digelar, Migas, Pertanian dan Pariwisata Siap Songsong IKN

Diawali tarian khas Kesultanan Kutai Ing Martadipura, Ganjur-ganjur, Forum Investasi Kaltim Menuju Ibu Kota Negara (IKN) di Grand Ballroom Metro TV

Editor: Diah Anggraeni
Humasprov Kaltim/Masdiansyah
Wagub Hadi Mulyadi saat menghadiri Forum Investasi Kaltim Menuju Ibu Kota Negara di Grand Ballroom Metro TV, Jakarta, Selasa (7/12/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Diawali tarian khas Kesultanan Kutai Ing Martadipura, Ganjur-ganjur, Forum Investasi Kaltim Menuju Ibu Kota Negara (IKN) di Grand Ballroom Metro TV, Jakarta, dimulai.

Acara yang digagas Kantor Badan Penghubung Pemprov Kaltim Jakarta ini disiarkan secara live streaming.

Tampak hadir para duta besar/diplomat negara-negara sahabat, pejabat kementerian/lembaga, serta pimpinan perangkat daerah di lingkup Pemprov Kaltim.

Baca juga: Wagub Hadi Mulyadi Beri Motivasi Jajaran Bankaltimtara di Jakarta

Dalam kegiatan ini, Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menyampaikan kesiapan dan potensi investasi Kaltim menyongsong IKN 

"Potensi sumber daya alam kami, dipastikan siap menyongsong ibu kota baru di Kaltim," kata Wagub Hadi Mulyadi, Selasa (7/12/2021).

Sumber daya alam tidak terbarukan seperti batu bara, minyak dan gas bumi hingga saat ini masih menjadi penopang ekonomi dan sumber energi Kaltim.

Ke depan, industri hilirisasi bahan mentah perlu semakin ditumbuhkan seiring terus dibangun dan dikembangkannya IKN, seperti crude plam oil (CPO) atau minyak mentah kelapa sawit dan batu bara.

"Tentu perlu dilakukan upaya lebih besar dengan meningkatkan nilai tambah bahan-bahan mentah menopang ekonomi Kaltim," jelasnya dalam acara yang dipandu Yohanna Margareta dan dimoderatori Leonard Samosir.

Baca juga: Jadi Perhatian Pemprov Kaltim, Beasiswa Kaltim Tuntas Juga Diperuntukkan bagi Pelaku Ekonomi Kreatif

Pernyataan orang nomor dua Benua Etam ini terkait kesiapan Kaltim menjadi IKN pun dikuatkan realisasi nilai investasi yang cukup besar di tingkat nasional, termasuk realisasi ekspor.

Di mana investasi Kaltim sesuai target ditetapkan sebesar Rp 32,53 triliun dan realisasi investasi tahun 2021 dari Januari-September senilai Rp 24,81 triliun.

"Sejak pandemi dan tahun ini, Kaltim menempati posisi kedua ekspor di Indonesia. Artinya provinsi kami sangat berpotensi untuk investasi," tandasnya.

Mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini menegaskan IKN pasti menjadi daya tarik tersendiri masuknya investasi, didukung sistem perizinan yang sudah direvitalisasi serta memanfaatkan digitalisasi yang dikelola Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu.

Talk show ini juga menghadirkan keynote speech Asdep Investasi Strategis Kemenko Kemaritiman dan Investasi Bimo Wijayanto secara online, secara offline Staf Ahli Menteri Investasi/Kepala BKPM Arief Widanarko dan pejabat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Fajar.

Baca juga: Gubernur Isran Noor Resmikan Sarana Apung Desa Wisata Enggelam

Selesai acara talk show, masing-masing pejabat diplomat negara-negara sahabat dan pejabat kementerian/lembaga langsung menuju stan business matching session diterima Kepala Dispar Sri Wahyuni, Kadisbun Ujang Rachmad, dan Kepala Dinas Pangan TPH Siti Farisyah Yana. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved