Breaking News:

Otomotif

Tidak Hanya Melanggar Peraturan, Inilah Dampak Buruk jika Merokok di Dalam Mobil

Pengemudi mobil di Indonesia kerap merokok sambil berkendara. Hal itu bisa dibilang sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan di jalanan Indonesia.

Editor: Diah Anggraeni
Freepik
Kebiasaan merokok di dalam mobil tentunya tidak hanya melanggar peraturan yang berlaku, tetapi juga memiliki sejumlah kerugian lainnya. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pengemudi mobil di Indonesia kerap merokok sambil berkendara.

Hal itu bisa dibilang sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan di jalanan Indonesia.

Kebiasaan tersebut tentunya tidak hanya melanggar peraturan yang berlaku, tetapi juga memiliki dampak yang buruk untuk kabin mobil.

Baca juga: Jangan Dianggap Sepele, Ini Fungsinya Memanaskan Mobil Sebelum Anda Berkendara

Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara mengatakan, banyak kerugian yang akan ditimbulkan jika merokok di dalam mobil.

"Salah satunya mobil berpotensi sulit dijual karena tercium aroma rokok atau bercak nikotin. Hal itu mengindikasikan pemilik sebelumnya malas menjaga kebersihan mobil," kata Nur Imansyah dalam keterangan resminya belum lama ini.

Nur Imansyah menjelaskan, bau khas dan menyengat kabin mobil yang biasa terpapar asap rokok akan sulit untuk dihilangkan.

Baca juga: Benarkah Mematikan AC Bisa Bikin Mobil Lebih Kuat saat Menanjak? Berikut Penjelasannya

Pasalnya, asap rokok akan bertahan dan menempel di berbagai sudut kabin mobil, terutama area kokpit seperti dasbor, setir, dan panel pintu depan.

Selain itu, atap kabin mobil akan ada bercak kuning yang menjadi tanda pemiliknya gemar merokok di dalam mobil.

"Aroma tidak sedap khas nikotin bakal terus menempel dan akan sangat sulit dihilangkan sampai kapanpun," bebernya.

Baca juga: Aman dan Nyaman Mengemudi Mobil saat Hujan dan Angin Kencang, Inilah Hal yang Harus Diperhatikan

Lebih lanjut ia mengungkapkan, asap rokok juga berpotensi masuk ke dalam sistem sirkulasi AC dan menghasilkan udara yang berbahaya.

"Asap rokok akan menempel pada filter kabin bahkan evaporator AC yang dapat membuat bau tidak hilang walaupun sudah dilakukan penggantian flter kabin," sebutnya.

"Aroma tidak sedap dari bekas asap rokok akan terus ikut bersirkulasi waktu AC dinyalakan, sehingga berpotensi mengganggu kesehatan," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Mengemudi Sambil Merokok Banyak Ruginya, Berpotensi Bikin Mobil Sulit Dijual?, https://www.gridoto.com/read/223052846/mengemudi-sambil-merokok-banyak-ruginya-berpotensi-bikin-mobil-sulit-dijual?page=all.

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved