Breaking News:

Berita Penajam Terkini

Lokasi IKN Diterjang Banjir, 4 RT di Kelurahan Pemaluan Terkena Dampak

Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) di Kalimantan Timur (Kaltim) dilanda banjir pada Jumat (14/1/2021) sekitar pukul 05.00 WITA.

Editor: Rahmad Taufiq
HO/TRIBUNKALTIM.CO
Kolase situasi banjir di Kelurahan Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU. HO/TRIBUNKALTIM.CO 

TRIBUNKALTIM. CO, PENAJAM - Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) di Kalimantan Timur (Kaltim) dilanda banjir pada Jumat (14/1/2021) sekitar pukul 05.00 WITA.

Kali ini banjir merendam Kelurahan Pemaluan, Kecamatan Sepaku

Plt. Kepala Badan Penanggulanganan Bencana Daerah (BPBD) PPU, Marjani mengatakan BMKG telah memberikan peringatan dini bahwa akan terjadi hujan sedang ke lebat dan angin kencang pada Kamis (13/1/2022) kemarin.

Kemudian terjadi hujan di wilayah Kelurahan Pemaluan, Kecamatan Sepaku pada Kamis (13/1/2022) sekitar pukul 15.00 WITA berlangsung hingga pukul 19.30 WITA.

"Hal itulah yang mengakibatkan air sungai meluap dan berdampak pada naiknya tinggi muka air pada halaman dan rumah warga yang berada di wilayah rendah dan dekat pinggiran aliran sungai," ujar Marjani, Jumat (14/1/2022).

Baca juga: Update Banjir di Kecamatan Babulu, Korban Terdampak Bertambah! 47 Rumah Terendam Air

Baca juga: Banjir Terjang Desa Karang Jinawi Kecamatan Sepaku PPU, 17 Rumah Warga Terdampak

Marjani mengatakan, kondisi tersebut juga diperparah dengan aktivitas perusahaan yang sedang panen atau penebangan hutan tanaman industri.

Akibat banjir tersebut sebanyak empat RT di kelurahan tersebut terdampak.

Sementara itu kondisi terkini per pukul 08.20 WITA secara keseluruhan banjir cenderung pelahan turun.

Berbagai pihak seperti Lurah Pemaluan, aparat Kelurahan Pemaluan, Ketua RT, Babinsa dan Bhabinkamtibmas terus melakukan penanganan serta memberikan imbauan kepada korban terdampak.

Baca juga: Banjir Kembali Melanda Desa Babulu Darat, Kabupaten Penajam Paser Utara, Danramil Evakuasi Lansia

"Kami juga terus melakukan pemantauan kondisi update kejadian banjir di Kelurahan Pemaluan, Kecamatan Sepaku dengan aparat dan petugas terkait di wilayah masing masing," ucapnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tRibunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved