Berita Internasional Terkini

Apa Bom Termobarik? Jadi Kekhawatiran Sekutu Barat, Setelah Rusia Invasi ke Ukraina, Ini Bahayanya

Apa bom termobarik? Kini jadi kekhawatiran sekutu barat, setelah Rusia invasi ke Ukraina. Begini bahayanya bom termobarik.

AFP Photo/Ringgo Chiu
Aksi demonstrasi mendukung Ukraina di Santa Monica, California, Amerika Serikat, 27 Februari 2022. Apa bom termobarik? Kini jadi kekhawatiran sekutu barat, setelah Rusia invasi ke Ukraina. Begini bahayanya bom termobarik. 

TRIBUNKALTIM.CO - Apa itu bom termobarik?

Kini, bom termobarik jadi kekhawatiran Sekutu Barat setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Dampak bom termobarik milik Rusia ini sangat mengerikan dan berbahaya bagi Ukraina.

Senjata bom termobarik ini disebut dapat membuat Ukraina hancur lebur jika digunakan Rusia

Sekutu Barat khawatir Presiden Rusia, Vladimir Putin akan menggunakan bom termobarik untuk menghancurkan kota-kota di Ukraina blok demi blok. 

Apa itu bom termobarik yang jadi kekhawatiran Sekutu Barat?

Baca juga: Buntut Pernyataan Pejabat NATO, Rusia Siagakan Senjata Nuklir, Amerika Serikat Langsung Bereaksi

Apabila Rusia menggunakan bom termobarik Ukraina bisa hancur lebur. 

Dikutip TribunKaltim.co dari kompas.com, bom termobarik adalah sejenis bom yang memiliki daya ledak sangat besar dan menggunakan oksigen di udara bebas sebagai bahan bakar pemicu ledakannya.

Bom termobarik ini disebut dapat membakar udara di sekitarnya dan memicu tekanan yang sangat kuat sehingga tercipta kondisi ruang hampa yang bisa merontokkan paru-paru manusia yang ada di dekatnya.

Senjata Rusia ini mengerikan karena kemampuannya menguapkan tubuh manusia, menghancurkan organ dalam dan membuat kota menjadi puing-puing yang menyebabkan hilangnya banyak nyawa.

Dikutip TribunKaltim.co dari Tribunpekanbaru.com di artikel yang berjudul Sekutu Barat Khawatir Rusia Luncurkan Bom Thermobarik, Mengerikan, Mampu Menguapkan Tubuh Manusia, dilansir dari I News setelah malam pertempuran di Kyiv, pasukan Ukraina sejauh ini berhasil mengusir pasukan Rusia dari merebut ibukota.

Tetapi para pejabat Barat telah memperingatkan bahwa jika perlawanan militer Ukraina terus menahan serangan Rusia, Presiden Putin dapat menggunakan senjata termobarik.

Tapi apa itu senjata termobarik dan seberapa berbahayanya?

Dijuluki 'bapak dari semua bom', senjata termobarik bekerja dengan menggunakan oksigen dari udara sekitarnya untuk menghasilkan ledakan suhu tinggi, membuatnya jauh lebih mematikan daripada senjata konvensional.

Baca juga: Inggris Hingga Amerika Serikat Bantu Ukraina Perangi Rusia, Indonesia Berada Dipihak Mana?

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved