Berita Nasional Terkini

Peran Krusial Prabowo Subianto Dibalik Evakuasi WNI dari Ukraina, Lobi Rusia

Peran krusial Prabowo Subianto dibalik evakuasi WNI dari Ukraina, lobi Rusia

Penulis: Rafan Arif Dwinanto | Editor: Wahyu Triono

TRIBUNKALTIM.CO - Ternyata ada peran Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di balik evakuasi Warga Negara Indonesia atau WNI dari Ukraina.

Dilansir dari TribunWow, sebanyak 80 WNI dan tiga Warga Negara Asing (WNA) telah menginjakkan kaki di Tanah Air setelah dievakuasi dari Ukraina.

Pemulangan mereka tak lepas dari hasil kerja sama sejumlah pihak, termasuk Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang ternyata intens menjalin komunikasi dengan Menhan Rusia Sergei Shoigu.

Wakil Menhan Muhammad Herindra mengatakan, komunikasi yang dilakukan Prabowo bertujuan agar upaya evakuasi WNI di Ukraina berjalan lancar.

“Menhan RI Pak Prabowo Subianto berupaya untuk selalu kontak dengan Menhan Rusia via Kementerian Pertahanan Rusia agar proses evakuasi yang dilaksanakan selama ini berjalan dengan aman sehingga warga negara Indonesia akan tetap terjamin keamanannya,” kata Herindra dalam keterangan tertulis, Kamis (3/3/2022).

Baca juga: Terjawab! Sebenarnya Mengapa Rusia dan Ukraina Perang? Cek Ulasan Penyebab Konflik & Apa Itu Invasi

Dalam pemulangan ini, pasukan elite TNI Angkatan Udara, Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) ternyata turut berkontribusi dalam misi evakuasi ini.

Setidaknya, terdapat sembilan personel Satbravo 90 TNI AU yang bertugas sebagai tim pengamanan.

Selain itu, juga terdapat satu dokter TNI AU dari Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma turut terlibat dalam pemulangan WNI yang diinisiasi Kementerian Luar Negeri itu.

“Penugasan ini sesuai dengan perintah Panglima TNI, atas permintaan Kementerian Luar Negeri, untuk membantu pemerintah dalam proses evakuasi WNI di Ukraina,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah dalam keterangan tertulis, Kamis.

Indan menjelaskan, instruksi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dialamatkan kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

Baca juga: Aksi Sniper Ukraina Buat Putin Gigit Jari, Jenderal Top Rusia Gugur di Pertempuran

Instruksi itu berisi supaya KSAU menyiapkan dan memberangkatkan personel TNI AU yang berkompeten untuk melaksanakan tugas evakuasi WNI.

Adapun para personel TNI AU berangkat pada Rabu (2/3/2022) melalui Bandara Sukarno-Hatta, Jakarta.

Rute yang dilewati adalah Jakarta-Madinah, Arab Saudi-Bucharest, Rumania.

Sebanyak 80 WNI dan 3 WNA berhasil di evakuasi dari Bandara Bucharest, Rumania.

Sebelumnya mereka terlebih dahulu dievakuasi lewat darat oleh tim Kemenlu dari Ukraina ke Rumania

Selanjutnya dengan menggunakan pesawat Garuda, WNI diterbangkan menuju Jakarta.

Baca juga: Perang Masih Berlangsung, Presiden Ukraina Minta Vladimir Putin Duduk Bersama: Aku Tidak menggigit

Pada Kamis pukul 17.00 WIB, 80 WNI dan 3 WNA beserta seluruh tim Satgas Operasi Evakuasi WNI di Ukraina berhasil mendarat dengan selamat di Bandara Sukarno-Hatta, di Jakarta. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved