Isran Noor tak Permasalahkan Siapapun yang Terpilih jadi Kepala Badan Otorita IKN

Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur telah ditetapkan pemerintah pusat dan segera direalisasikan untuk pembangunannya,

TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD FAIROUSSANIY
Gubernur Kaltim, Isran Noor berada dalam sebuah acara. Orang nomor satu di Kaltim ini tidak mempersalahkan siapapun yang ditunjuk sebagai Kepala Badan Otorita IKN Nusantara. TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD FAIROUSSANIY 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur telah ditetapkan pemerintah pusat dan segera direalisasikan untuk pembangunannya.

Beberapa tokoh juga digadang-gadang menjadi Kepala Badan Otorita IKN sebelum akhirnya Presiden Joko Widodo memilih mantan Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Bambang Susantono.

Dalam keterangan resminya, Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan, pemindahan IKN dari Provinsi DKI Jakarta ke wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Provinsi Kaltim, juga bukan milik masyarakat Kaltim saja, tetapi milik seluruh bangsa Indonesia. 

"Walaupun IKN Nusantara berada di Provinsi Kaltim, tetapi bukan berarti milik masyarakat Kaltim (saja). Sebaliknya, merasa IKN milik bangsa secara keseluruhan," ucap Isran Noor, Kamis (10/3/2022).

Pemindahan IKN ke Kaltim, lanjut Isran Noor, selain masyarakat, para ketua adat, paguyuban maupun pewaris kesultanan di daerah tidak pernah meminta istimewa kepada pemerintah pusat, tetapi semuanya mendukung atas pemindahannya.

Baca juga: Dilantik Jokowi, Bos Sinarmas Land Jadi Wakil Bambang Susantono di Badan Otorita IKN

Baca juga: Jokowi Lantik Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Kepala dan Wakil Otorita IKN Hari Ini

"Kita tidak pernah mempermasalahkan siapapun nantinya yang terpilih menjadi Kepala Otorita IKN oleh Presiden Joko Widodo," tuturnya.

"Kita tidak masalah siapapun yang terpilih. Terpenting mereka yang terpilih memiliki jiwa dan semangat kebangsaan dan nasionalisme untuk kemajuan IKN," ujar Isran Noor.

Di luar persoalan pertimbangan negara terhadap keberadaan IKN Nusantara, menurut Isran Noor, momen pemindahan IKN juga memang sudah saatnya. 

Dalam suatu acara, di Pendopo Odah Etam Kantor Gubernur Kaltim Rabu (2/2/2022) lalu, Mantan Bupati Kutim ini disebut-sebut layak menjadi Kepala Badan Otorita untuk memimpin Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara.

Beberapa kalangan termasuk dari organisasi atau partai yang kini dipimpinnya juga menganggap dia pantas memimpin wilayah IKN karena dianggap berasal dari Kaltim dan memahami serta mengetahui seluk-beluk IKN.

Baca juga: Profil Bambang Susantono, Kepala Badan Otorita IKN Nusantara, Dilantik Jokowi Besok 

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved