Berita Kubar Terkini

Jelang Hari Kartini Tahun 2022, Dekranasda Gelar Lomba Cerita Wastra Kubar

Lomba yang sudah dimulai pada 26 Maret sampai 26 April 2022 ini diikuti oleh berbagi kalangan peserta termasuk kalangan anak-anak

Penulis: Zainul | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL
Ketua Dekranasda Kubar, Yayuk Seri Rahayu Yapan menjelaskan tujuan diadakan lomba cerita bertajuk Wastra Kutai Barat dalam rangka menyambut hari Kartini tahun 2022.TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL 

TRIBUNKALTIM.CO,SENDAWAR- Dalam rangka memperingati hari Kartini tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kubar, menggelar lomba cerita bertajuk Wastra khas Kutai Barat.

Lomba yang sudah dimulai pada 26 Maret sampai 26 April 2022 ini diikuti oleh berbagi kalangan peserta termasuk kalangan anak-anak.

Ketua Dekranasda Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan mengatakan, lomba cerita wastra ini merupakan ajang mempromosikan kain khas Kubar agar lebih dikenal luas.

"Sehingga melalui lomba cerita wastra ini mampu memberikan rasa bangga bagi generasi muda dalam menggunakan kain khas Kubar," katanya, Rabu (30/3/2022).

Baca juga: Bupati Kubar FX Yapan Minta Kepala Kampung dan Adat Hilangkan Ego Sektoral

Baca juga: Jelang Ramadhan, Pasokan Listrik di Samarinda, Kukar, Kubar dan Mahulu Aman, Surplus 300-400 MW

Baca juga: Berpotensi Tingkatkan PAD, Bupati FX Yapan Minta Dispar Kembangkan Sektor Pariwisata di Kubar

Dia menjelaskan cerita wastra ini juga menjadi wadah untuk mempromosikan pengrajin wastra maupun usaha industri kecil menengah, khususnya di wilayah Kubar melalui produk lokalnya kepada publik.

"Selain itu, mempopulerkan wastra sebagai bagian dari busana keseharian, khususnya untuk generasi muda dan meningkatkan kesadaran serta kecintaannya terhadap kekayaan budaya,”jelasnya. 

Sehingga tujuan diadakannya lomba ini kata Yayuk untuk melestarikan, mempromosikan, menumbuhkan rasa bangga dan mencintai wastra Kubar.  

Adapun persyaratannya, cukup mengunggah (posting) foto peserta menggunakan kain khas Kubar dan menambahkan narasinya (cerita wastranya) menarik, tentang peserta dan kain ke media sosial Instagram dekranasda Kubar, @dekranasdakutaibarat2020.

Baca juga: Dinkes Kubar Kirim Dua Nakes untuk Ditugaskan di Puskesmas Pembantu Muara Beloan

"Berikutnya, peserta juga wajib mencantumkan nomor teleponnya pada postingan tersebut. Untuk pemenang akan diumumkan, pada 26 April 2022.

Sedangkan bagi peserta yang memiliki jumlah “like” terbanyak, akan menjadi juara favorit,”pungkasnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved