Berita Kukar Terkini

Kartini Muda dari Kukar, Viola Meilinda Putri, Duta Bahasa dan Pegiat Literasi, Prestasi Segudang

Era sekarang ini perempuan telah memiliki kebebasan dalam berekspresi dan mendapatkan haknya dalam mengenyam pendidikan serta berperan dalam membangun

Penulis: Aris Joni | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI
Viola Meilinda Putri Prihastiwi. TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Era sekarang ini perempuan telah memiliki kebebasan dalam berekspresi dan mendapatkan haknya dalam mengenyam pendidikan serta berperan dalam membangun daerah dan negara.

Tak sedikit peran perempuan terlihat dalam proses perkembangan zaman dan peradaban dunia, bahkan di Indonesia pun peran perempuan sangat penting dalam perkembangan negara, dimana Indonesia juga pernah dipimpin oleh seorang perempuan yakni Megawati Soekarno Putri sebagai presiden kelima.

Bahkan, dalam dunia pendidikan dan politik juga perempuan diberi porsi untuk terlibat dan berperan langsung dalam upaya membangun bangsa dan negara.

Tidak hanya di tingkat nasional, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) juga memiliki sosok Kartini millenial yang memiliki prestasi cukup membanggakan bagi daerah.

Dia adalah Viola Meilinda Putri Prihastiwi, gadis kelahiran Samboja, 23 Mei 2000 yang kini tengah menyelesaikan tugas akhirnya di Fakultas Keperawatan Universitas Padjajaran, Jawa Barat.

Baca juga: Yayasan Teman Kita x Pertamina Hulu Sanga-Sanga Sinergi Mewujudkan Desa Literasi Kreatif 2022

Baca juga: Resmikan Perpustakaan di Maratua Berau, Wagub Berpesan Semangat Literasi Perlu Dibangun Sejak Dini

Baca juga: Pulau Maratua Dapat Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling dari Pusat untuk Peningkatan Literasi

Perempuan yang akrab disapa Viola ini merupakan sosok Kartini millenial asal Kukar yang penuh dengan segudang prestasi baik tingkat lokal hingga nasional.

Pada tahum 2019 dirinya menjadi Top 10 Nasional Research Camp oleh Universitas Negeri Semarang (2019), kemudian Pemenang I "Speech Competition" oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Garut (2019),

Kemudian sebagai Narasumber "Anemia pada Ibu Hamil dan Remaja" dalam Program Bina Desa Fakultas Keperawatan UNPAD (2019) serta menjadi Pemenang III Duta Generasi Berencana Kabupaten Garut Jalur Pendidikan oleh Dinas PPPAPPKB Kabupaten Garut (2019).

Perempuan berusia 22 tahun ini juga sekarang merupakan Ketua Organisasi Kutai Literasi dan Budaya Etam "Kaliya" dan pernah mendapatkan predikat Duta Bahasa Nasional mewakili Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Kaltara) tahun 2020 lalu.

Tak hanya itu, perempuan berkacamata tersebut juga kini aktif menjadi Ketua World Clean Up Day Indonesia Kabupaten Kutai Kartanegara dan Duta Gerakan Literasi Kutai Kabupaten Kutai Kartanegara 2021 hingga sekarang.

"Saat ini saya juga aktif mengisi di Radio Pemerintahan Kukar (RPK) jadi penyiarnya," ungkapnya.

Baca juga: Mengintip Sekolah Literasi Kalimantan Timur ala SMPN 1 Tenggarong Seberang Kukar

Viola menceritakan awal mula dirinya terjun ke dunia solai dan literasi tersebut, berawal dari kesadaran diri dan sadar potensi yang ia miliki, sehingga pada tahun 2020 lalu dirinya mengikuti Duta Bahasa Nasional dan pada kesempatan itu dirinya membuat salah satu program kerja untuk mengajak teman-teman tuli (penyandang tuna rungu).

Singkat cerita kata dia, semenjak berhubungan langsung dengan orang-orang yang memiliki keterbatasan, dirinya sadar bahwa dirinya diberikan anugerah yang lebih oleh Allah SWT.

"Nah, dari sana saya mencoba untuk sadar diri dan sadar potensi apa yang bisa kita berikan atau kontribusi apa yang bisa kita kasih ke lingkungan sekeliling kita," tuturnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved