Otomotif

Cuaca Panas Terik, Inilah Deretan Makanan yang Bisa Atasi Dehidrasi saat Berkendara

Masyarakat belakangan ini dilanda cuaca ekstrem seperti panas terik melanda di berbagai wilayah di Indonesia.

Editor: Diah Anggraeni
HO/HONDA
Berkendara di cuaca panas terik akan mudah dehidrasi atau kekurangan cairan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Masyarakat belakangan ini dilanda cuaca ekstrem seperti panas terik melanda di berbagai wilayah di Indonesia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat bahwa selama periode 1-7 Mei 2022, suhu maksimum terukur berkisar antara 33 - 36,1 derajat Celsius.

Baca juga: Biar Enggak Cepat Gerah, Pengendara Motor Perlu Pakai Jaket Jenis Ini saat Cuaca Panas

Instruktur Defensive Driving Global Defensive Driving Consulting (GDDC), Andry Berlianto mengatakan, berkendara di cuaca panas terik akan mudah dehidrasi atau kekurangan cairan.

Untuk itu, air mineral menjadi hal wajib yang sebaiknya dibawa saat ingin melakukan perjalanan.

"Jangan sampai terkena dehidrasi, caranya bawa botol minuman yang siap diminum setiap saat jika terjadi gejala kelelahan atau kehausan," ujar Andry kepada GridOto.com, Rabu (11/05/2022).

Andry melanjutkan, sebaiknya pengendara membawa air mineral minimal 2 sampai 3 liter sehari di cuaca panas terik seperti sekarang ini.

Baca juga: Segera Kuras Tangki Motor Bekas setelah Dibeli, Inilah Manfaatnya

Selain air mineral, ada beberapa pilihan makanan yang bisa sobat disiapkan selama perjalanan agar terhindar dehidrasi.

"Makanan bisa siapkan buah-buahan yang punya kadar air lebih banyak seperti semangka misalnya, tambahannya makanan berprotein tinggi," terangnya.

Sementara untuk pengendara motor, Andry juga menyarankan cari rute yang lebih teduh dan perhatikan pilihan apparel riding.

"Kenakan pakaian dan jaket yang nyaman dibadan seperti cukup ventilasi pada jaket agar masih bisa terkena angin saat berkendara," ucap Andry.

"Kemudian kenakan sarung tangan agar tangan tidak terbakar, sepatu yang nyaman dan helm bervisor gelap untuk mengurangi silau dari cahaya matahari," sambungnya.

Baca juga: Biar Enggak Ketipu, Konsumen Mobil Bekas Wajib Teliti dan Asah Kemampuan Berikut Ini

Kendati demikian, terpenting menurutnya saat kondisi sudah kelelahan akibat panas segera menepi untuk minum atau sekadar istirahat.

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Bukan Cuma Air Mineral, Makanan Ini Bisa Bantu Atasi Dehidrasi Saat Berkendara di Cuaca Panas Terik, https://www.gridoto.com/read/223276575/bukan-cuma-air-mineral-makanan-ini-bisa-bantu-atasi-dehidrasi-saat-berkendara-di-cuaca-panas-terik?page=all.

 

Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved