Otomotif

Cuaca Panas Ekstrem, Lakukan Hal Simpel Ini Bisa Membuat Motoran Jadi Lebih Adem

Helmet and Apparel Specialist dari toko apparel motor DeRide, Irwan Bachroem memberikan beberapa tips, supaya tidak ‘matang’ di jalan ketika bermotor

Editor: Diah Anggraeni
Ho/Astra Motor Kaltim 1
Simak beberapa tips supaya tidak "matang" di jalan ketika bermotor di tengah cuaca panas ekstrem. 

TRIBUNKALTIM.CO - Selama beberapa minggu terakhir, Indonesia tengah dilanda cuaca panas yang cukup ekstrem.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu maksimum terukur berkisar antara 33 hingga 36,1 derajat celsius selama periode 1 hingga 7 Mei 2022.

Baca juga: Biar Enggak Cepat Gerah, Pengendara Motor Perlu Pakai Jaket Jenis Ini saat Cuaca Panas

Helmet and Apparel Specialist dari toko apparel motor DeRide, Irwan Bachroem memberikan beberapa tips, supaya tidak ‘matang’ di jalan ketika bermotor di tengah cuaca panas ekstrem.

"Dari segi apparel, baiknya pakai jaket dengan sirkulasi udara yang bagus," ujar Irwan kepada GridOto.com di tempat kerjanya di bilangan Jakarta Selatan, Jumat (13/5/2022).

"Kalau bisa yang banyak memiliki mesh atau jaring, atau setidaknya bahan tekstil seperti polyester karena sirkulasi udaranya lebih bagus ketimbang kulit," imbuhnya.

Tapi jika dirasa masih panas, Irwan memberikan tips yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

"Jangan pakai ransel di punggung ketika naik motor, mungkin bisa diletakkan di bagasi atau di dek jika naik motor matik, kalau naik motor underbone mungkin bisa diikat di jok atau di tangki," terang Irwan.

Baca juga: Segera Kuras Tangki Motor Bekas setelah Dibeli, Inilah Manfaatnya

Alasannya, ransel menghalangi jalan keluar udara yang masuk ke jaket atau pakaian yang kita kenakan ketika naik motor.

Sehingga sirkulasi udara tidak bisa terjadi dengan sempurna, lantaran udara yang seharusnya membawa panas tubuh kita tidak bisa keluar dari jaket.

"Kalau udara panas tadi tidak bisa keluar, panasnya jadi ngumpul di jaket dan malah membuat pengap," tukas Irwan.

"Jadi kalau sudah punya jaket riding, jangan lupa ristleting ventilasi yang di belakang dibuka juga agar udara panasnya bisa keluar," tutupnya sambil tertawa.

Nah, bisa diterapkan tuh buat sobat yang naik motor bawa ransel.'

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Suka Enggak Kepikiran, Hal Simpel Ini Bisa Membuat Motoran di Cuaca Panas Ekstrem Lebih Adem, https://www.gridoto.com/read/223279713/suka-enggak-kepikiran-hal-simpel-ini-bisa-membuat-motoran-di-cuaca-panas-ekstrem-lebih-adem?page=all.

 

Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved