Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Rakor Penyelesaian Pertanahan IKN Nusantara, Asisten I: Pemkab Kukar Siap Mendukung

Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) dalam hal ini Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Akhmad Taufik Hidayat didampingi sejumlah kepala perangkat

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Pemkab Kukar mengikuti rapat koordinasi pertanahan IKN Nusantara. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) dalam hal ini Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Akhmad Taufik Hidayat didampingi sejumlah kepala perangkat daerah terkait, mengikuti secara virtual rapat koordinasi (rakor) tindak lanjut pengelolaan dan skema penyelesaian pemasalahan pertanahan dan kehutanan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kantor Bupati Kukar, pekan lalu.

Dalam rakor tersebut, ada beberapa fokus untuk percepatan pembebasan dan penyelesaian permasalahan dalam rangka mendukung percepatan pemindahan IKN.

Baca juga: Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas, Wabup Kukar: Bergerak untuk Merdeka Belajar

Akhmad Taufik Hidayat mengatakan, Pemkab Kukar siap mendukung penuh penyelesaian masalah lahan di Kukar yang menjadi kawasan IKN.

"Ada dua Kecamatan di Kukar yang sudah diajukan pembebasannya. Namun adanya pengusulan 12 titik kawasan yang termasuk wilayah IKN, pihak kami belum mengetahuinya. Akan tetapi Pemkab Kukar siap mendukung untuk menyelesaikan permasalahan dan mendukung percepatannya," ujarnya.

Baca juga: Bupati Edi Silaturahmi sekaligus Mengevaluasi Kinerja, Kades-BPD Bekerja Harus Berdasarkan Data

Lebih lanjut Akhmad Taufik juga mengatakan, Pemkab Kukar siap melakukan kerangka inventarisasi, verifikasi dan pengelolaan permasalahan guna mendukung percepatan pembebasan kawasan untuk IKN apabila diperlukan.

Sementara itu, Deputi Kantor Staf Kepresidenan Siska mengatakan topik pembahasan dalam rakor tersebut di antaranya, pengusulan 12 titik kawasan yang termasuk IKN, tindak lanjut pengelolaan dan skema penyelesaian pemasalahan pertanahan dan kehutanan di kawasan IKN. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved