Berita Nasional Terkini

Sumur Resapan, Program Andalan Anies Baswedan Atasi Banjir Mau Dikuras, Respon PSI

Inilah sumur resapan, program andalan Anies Baswedan atasi banjir mau dikuras, respon PSI

Penulis: Rafan Arif Dwinanto | Editor: Sandrio

TRIBUNKALTIM.CO - Rencana Pemprov DKI Jakarta yang memiliki langkah untuk pengadaan pompa kuras dalam rangka pemeliharaan sumur resapan mendapat kritikan dari Partai Solidaritas Indonesia ( PSI).

Dilansir dari Wartakota, Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo mengatakan rencana itu tidak sejalan dengan tujuan awal pembangunan sumur resapan yang digagas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Kalau ternyata kita harus keluar uang untuk beli pompa kuras lagi, artinya sumur resapan tidak mampu membuat air meresap ke tanah,” ujar Wicitra, lewat siaran pers, Jumat (20/5/2022).

Menurut Wicitra, kebutuhan pompa penguras menjadi indikasi bahwa pemilihan lokasi sumur resapan cenderung asal-asalan.

"Logikanya kalau kita butuh pompa penguras, pilihan lokasi pembangunan sumur resapan tidak ideal dengan tujuannya membuat air meresap ke tanah," tutup Anggara.

Pasalnya, tujuan awal dari pembangunan sumur resapan adalah guna menampung limpahan air dan memasukkan air tersebut ke dalam tanah.

"Sama saja itu (sumur resapan) sebagai bak penampungan air biasa saja," ungkap Anggara.

Menurutnya, sejak awal PSI mempertanyakan program pembangunan sumur resapan. Hal ini untuk menjaga agar anggaran besar yang telah dihabiskan menjadi sia-sia.

"Jangan cuma kejar target jumlah saja tapi diukur manfaat dan perhitungan ke depannya," tambah Anggara.

Apalagi beberapa daerah di Jakarta tanahnya sudah jenuh dan tidak dapat menyerap air ke dalam tanah. Ditambah kalau dibangun di atas trotoar atau di bawah jembatan layang.

“Jangan sampai pengeluaran kita untuk program yang tidak efektif membengkak setiap tahunnya,” sambung Anggara. 

Sebelumnya, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta akan melakukan pengadaan pompa kuras terkait dengan pemeliharaan sumur resapan yang sudah dibuat.

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Yusmada Faizal mengatakan, pemeliharaan sumur resapan akan dilimpahkan melalui swakelola setiap suku dinas yang ada di wilayah DKI Jakarta.

"Pemeliharaannya kita sudah bahas kemarin itu lewat mekanisme swakelola sudin-sudin dengan pengadaan pompa-pompa kuras," ujar Yusmada dalam rapat kerja bersama Komisi D, Selasa (17/5/2022).

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved