Berita Balikpapan Terkini

Kemenag Balikpapan Minta Jamaah Calon Haji 2022 Konfirmasi Pelunasan BPIH

Kantor Kemenag Balikpapan memastikan tidak ada penambahan biaya bagi calon haji yang akan diberangkatkan pada tahun 2022 ini.

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan, Johan Marpaung ditemui Tribunkaltim.co di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kantor Kemenag Balikpapan memastikan tidak ada penambahan biaya bagi calon haji yang akan diberangkatkan pada tahun 2022 ini.

Kebijakan tersebut berlaku bagi calon haji yang telah melunasi biaya keberangkatan atau BPIH pada tahun sebelumnya, namun ditunda keberangkatannya.

Sedangkan calon haji yang baru melunasi biaya keberangkatan pada tahun ini akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan yang telah ditetapkan.

Hal ini dijelaskan Kepala Kantor Kemenag Balikpapan, Johan Marpaung kepada TribunKaltim.co, Sabtu (21/5/2022).

“Bagi calon haji yang sudah bayar termasuk di tahun lalu itu tidak ada tambahan biaya. Walaupun ada selisih. Bagi calon haji yang belum melunasi, maka dia harus melunasi sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya.

Baca juga: Dugaan Dana Haji Digunakan untuk Bangun IKN Nusantara, Menag: Hoax

Baca juga: Isu Dana Haji untuk Bangun IKN Nusantara, Menag Tegaskan Itu Bohong: Pemerintah Justru Beri Subsidi

Baca juga: Calon Jamaah Haji Asal Kubar Segera Diberangkatkan, Ini Peraturan yang Wajib Diikuti


Diketahui, batas waktu pelunasan biaya haji 2022 saat ini sudah berakhir. calon haji yang telah terdaftar pada periode keberangkatan tahun 2022 diharapkan melakukan konfirmasi.

"Semua sudah kita cek, calon haji untuk melunasi pembayaran," katanya.

Sementara itu, untuk saat ini pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan dalam menyambut keberangkatan musim haji pada tahun ini.

Kesiapan tersebut meliputi kesiapan administrasi calon haji termasuk Embarkasi Haji Batakan Balikpapan.

Tidak hanya itu, seluruh calon haji yang akan diberangkatkan telah memenuhi vaksinasi Covid-19 hingga dosis ketiga atau booster.

Baca juga: Kuota Ibadah Haji Dibatasi, 239 Jemaah Calhaj Balikpapan Berangkat Tahun Ini

"Ada 240 orang pada tahun ini, semua calon haji sudah diberikan vaksin sesuai syarat pemberangkatan,” tuturnya.

Kantor Kemenag Balikpapan juga sedang melakukan pendataan dalam melakukan manasik haji di Embarkasi Haji Batakan.

Pemberangkatan dari embarkasi Balikpapan akan menangani sebanyak 8 kloter yang gabungan dari beberapa wilayah, di antaranya Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.

“Yang jelas kami sudah siap memberangkatkan dengan berbagai persiapan, di antaranya paspor sudah kita siapkan, sudah divaksin,” pungkasnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved