Otomotif

Mulai Juli 2022, Mobil Listrik Ioniq Hyundai Tidak Lagi Diproduksi

Soal pasar otomotif Amerika Utara, kendaraan lini Hyundai Ioniq dikabarkan telah resmi menghentikan produksi setelah bulan Juli 2022

Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/AMELIA MUTIARACHMAH
ILUSTRASI Showroom Hyundai. Pabrikan otomotif asal Korea Selatan Hyundai mengumumkan penghentian produksi kendaraan listrik Ioniq di pasar global mulai Juli 2022 mendatang. 

TRIBUNKALTIM.CO, SEOUL - Soal pasar otomotif Amerika Utara, kendaraan lini Hyundai Ioniq dikabarkan telah resmi menghentikan produksi setelah bulan Juli 2022 mendatang.

Pabrikan otomotif asal Korea Selatan Hyundai mengumumkan penghentian produksi kendaraan listrik Ioniq di pasar global mulai Juli 2022 mendatang.

Penghentian produksi Ioniq telah lama direncanakan oleh Hyundai, dilansir dari motor1.com berakhirnya masa produksi Ioniq terjadi akibat adanya perubahan permintaan pelanggan di segmen otomotif.

"Penghentian global Ioniq merupakan keputusan yang telah direncanakan lama oleh Hyundai untuk memenuhi permintaan konsumen yang berubah di sektor otomotif," kata Hyundai.

Baca juga: Showroom Event Hyundai di Balikpapan Tawarkan Cashback Puluhan Juta Rupiah

Baca juga: Menperin Undang Hyundai Motor Buat Akademi dan Bangun Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

Baca juga: Mengenal Mobil Baru Hyundai Creta Dibuat di Indonesia, Harga Mulai Rp 279 Juta

Hal inilah yang membuat Hyundai terpaksa mengakhiri produksi Ioniq, sehingga perusahaan bisa mengembangkan kendaraan model lainnya untuk memenuhi permintaan pasar global.

Rilis dipasar global pada tahun 2016 silam, kehadiran Hyundai Ioniq digadang-gadang menjadi salah satu perintis kendaraan dengan tiga powertrain listrik diantaranya BEV, PHEV dan HEV.

Berawal dari Ioniq inilah Hyundai meneruskan produksi kendaraan hybrid di seri lainnya seperti Ioniq 5, Hyundai Ioniq 6, dan disusul SUV Ioniq 7.

Meski sudah lama dirilis namun antusiasme masyarakat dunia untuk mengadopsi kendaraan Hyundai Ioniq masih tergolong tinggi.

Pabrik Hyundai Eropa mencatat penjualan Hyundai Ioniq di dataran Eropa hingga kini tembus mencapai 135.692 unit.

Walaupun produksi Ioniq telah resmi disetop, namun hingga beberapa minggu kedepan Hyundai Ioniq masih akan diproduksi secara terbatas di pabrik Ulsan, Korea Selatan Selatan.

Produksi ini akan dikirimkan Hyundai untuk memenuhi permintaan pasar pada bulan April hingga Mei.

Sementara di Indonesia, produksi model Ioniq EV akan tersedia selama beberapa bulan kedepan.

Hal ini terlihat dari stok kendaraan Ioniq di web Hyundai Indonesia, dimana dalam situs tersebut tertera bahwa Ioniq EV masih dijual dalam dua pilihan trim, yakni Prime dan Signature.

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Hyundai Hentikan Produksi Mobil Listrik Ioniq Mulai Juli 2022

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved