Mahulu

Speedboat Program POA Mahulu Beroperasi, Subsidi untuk Orang Mampu, Gratis bagi Warga Ekonomi Lemah

Mewakili Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, Wabup Yohanes Avun melepas keberangkatan perdana speedboat pengangkutan masyarakat

PROKOPIM
Mewakili Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, Wabup Yohanes Avun melepas keberangkatan perdana speedboat pengangkutan masyarakat ke sejumlah wilayah di kabupaten ini. PROKOPIM 

TRIBUNKALTIM.CO, UJOH BILANG - Mewakili Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, Wabup Yohanes Avun melepas keberangkatan perdana speedboat pengangkutan masyarakat ke sejumlah wilayah di kabupaten ini. 

Pelepasan perdana keberangkatan armada Penyedia Ongkos Angkut (POA) ini berlangsung di Pelabuhan Batu Keloq Long Bagun, Jumat (10/6/2022).

Pelepasan ditandai dengan pembukaan tali speedboat di dermaga. Turut hadir Kepala Dishub Mahulu, Asisten II, anggota DPRD Mahulu, perwakilan TNI dan Polri, tokoh masyarakat, dan kepala OPD di lingkup Setkab Mahulu.

Angkutan speedboat untuk masyarakat ini merupakan program Pemkab Mahulu yang sudah diluncurkan sejak beberapa tahun lalu.

Pemkab Mahulu memberikan subsidi angkutan transportasi sungai menggunakan speedboat, dengan potongan biaya antara 50 persen sampai 100 persen. 

Baca juga: Bupati Mahulu Serahkan Alsintan kepada Poktan Dukung Peningkatan Hasil Panen & Perekonomian Daerah

Baca juga: Jembatan Mahulu Minim Perawatan, DPRD Kaltim Ingin Jangan Dianaktirikan

Baca juga: Perawatan Jembatan Mahulu di Samarinda akan Dilaksanakan Tahun Depan

Layanan ini diutamakan diberikan kepada masyarakat kurang mampu di kawasan perbatasan. Melihat kondisi geografis Mahulu, banyak wilayah yang bisa dijangkau melalui jalur sungai dengan biaya mahal, maka kepala daerah mengeluarkan kebijakan dengan memberikan subsidi bagi warga yang mampu, dan gratis untuk warga kurang mampu. 

“Pemberian subsidi ongkos angkut, bahkan membebaskan biaya untuk warga kurang mampu ini merupakan tangung jawab kami selaku kepala daerah dalam membantu masyarakat.

Sebab sarana transportasi di Mahulu belum mendukung. Utamanya untuk wilayah-wilayah yang hanya bisa dijangkau lewat sungai atau speedboat. Kami berikan subsidi untuk masyarakat dan gratis bagi warga miskin,” ujar Bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wabup. 

Wakil Bupati Yohanes Avun menegaskan, subsidi ongkos angkut yang diluncurkan kali ini adalah hanya untuk penumpang. Bukan untuk angkutan barang. 

"Agar masyarakat tidak keliru, saya minta Dinas Perhubungan secara intens mensosialisasikan kepada masyarakat," ujar Wabup. 

Baca juga: Wabup Buka Pelaksanaan BIAN di Mahulu, Imunisasi 11.619 Anak yang Tersebar di Lima Kecamatan

Subsidi diberikan mulai 50 persen hingga 100 persen atau gratis.  Ada beberapa kriteria masyarakat yang mendapatkan subsidi hingga 100 persen.

Antara lain, bagi warga yang kurang mampu, warga yang berobat atau keperluan darurat lainnya. 

"Selain itu, juga untuk orang yang mendapat dispensasi karena tugas. Seperti ASN, TNI Polri, wartawan dan juga petugas lain yang memang untuk tujuan tugas pelayanan masyarakat," katanya. Di luar dari kriteria tersebut, diberikan subsidi namun tidak 100 persen. (prokopim)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved