Berita Pemkab Mahakam Ulu

Wabup Buka Pelaksanaan BIAN di Mahulu, Imunisasi 11.619 Anak yang Tersebar di Lima Kecamatan

Mewakili Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E., Wakil Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Drs Yohanes Avun, M.Si. membuka pelaksanaan Bulan

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Wakil Bupati Mahulu Drs Yohanes Avun berfoto bersama usai membuka Bulan Imunisasi Anak Nasional di BPU Kampung Ujoh Bilang, Kabupaten Mahulu, Senin (23/5/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Mewakili Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E., Wakil Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Drs Yohanes Avun, M.Si. membuka pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kampung Ujoh Bilang, Senin (23/5/2022).

Kick off BIAN Kabupaten Mahulu 2022 yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) ini bertujuan melindungi anak Indonesia dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Sasarannya imunisasi rambahan campak rubela untuk anak usia 9 bulan sampai kurang dari 12 tahun, serta pelengkap imunisasi polio dan DPT-HB-Hib bagi anak umur 12 sampai 59 Bulan.

Baca juga: Pemkab Mahulu Gelar Bimtek untuk OPD, Bupati: Pengelolaan Kearsipan Menentukan Good Governance

Bupati Bonifasius melalui sambutan yang dibacakan oleh Wabup Yohanes mengungkapkan, berdasarkan data terbaru Kementerian Kesehatan, cakupan imunisasi dasar lengkap pada anak telah menurun secara signifikan sejak awal pandemi Covid-19, dari 84,2 persen pada tahun 2020 menjadi 79,6 persen pada 2021.

Untuk itu, pada 2022 ini pemerintah melaksanakan BIAN untuk meningkatkan cakupan imunisasi dasar lengkap pada anak.

Wabup menyampaikan, Pemkab Mahulu menyambut baik pencanangan BIAN yang dilaksanakan serentak di seluruh puskesmas di lima kecamatan di Kabupaten Mahulu.

"Saya meminta Dinas Kesehatan P2KB, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, stakeholder serta seluruh komponen masyarakat untuk berpartisipasi menyukseskan BIAN demi menjaga kekebalan masyarakat dan mencegah terjadinya KLB PD3I," katanya.

Wabup menambahkan, Imunisasi ini sangat penting dilakukan, agar kesehatan anak dapat terjaga hingga dewasa.

Baca juga: Wabup Hadiri Rakor Sertifikasi Halal UMK dan Penguatan Tim Terpadu Penataan dan Pengawasan Produk

Imunisasi bisa terbilang murah, dibandingkan jika terkena penyakit diwaktu dewasa.

"Saya mengharapkan selama BIAN satu bulan kedepan para orang tua segera membawa anaknya ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat atau pos pelayanan imunisasi untuk mendapatkan imunisasi rutin," tandasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved