Kelompok KKN 3E ITK Gelar Sosialisasi Pembuatan Filter Air Sederhana dan Website Branding di Km 24

Sejumlah mahasiswa jurusan matematika dan teknologi informasi, Institut Teknologi Kalimantan (ITK), yang tergabung dalam Kelompok Kuliah Kerja Nyata (

Editor: Diah Anggraeni
HO
Kelompok KKN 3E ITK saat melakukan pengabdian masyarakat di Gang Perjuangan II, Km 24, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sejumlah mahasiswa jurusan matematika dan teknologi informasi, Institut Teknologi Kalimantan (ITK), yang tergabung dalam Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 3E melaksanakan pengabdian masyarakat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gang Perjuangan II, Km 24, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, 24 April 2022.

Sejumlah masalah pun ditemui, salah satunya adalah sulitnya warga mendapatkan air bersih.

Sumur bor yang dimiliki oleh warga bahkan diketahui mengandung zat besi dan berbau lumpur.

Permasalahan lainnya yang dihadapi adalah kurangnya media promosi untuk penjualan jambu kristal.

Baca juga: Mahasiswa ITK Membantu Usaha Masyarakat Dengan Ciptakan Kerupuk Ikan Lele

Sebagai solusi atas permasalahan yang dihadapi warga Gang Perjuangan II, tim KKN 3E ITK pun menggelar kegiatan bertajuk "Sosialisasi Pembuatan Filter Air Manganese Greensand dan Pembuatan Website Branding Perkebunan Jambu Kristal untuk Masyarakat Km 24 Balikpapan Utara".

Adapun tujuan dari kegiatan KKN ini yaitu memberikan edukasi kepada warga Km 24 Balikpapan Utara agar memahami akan pentingnya menggunakan air bersih dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, warga juga praktik membuat filter air manganese greensand dengan bahan-bahan yang sederhana.

Tim KKN 3E ITK pun membuatkan sebuah website branding untuk melakukan promosi hasil perkebunan jambu kristal masyarakat agar lebih banyak menjangkau calon pembeli bahkan mendatangkan investor.

Diharapkan dengan kegiatan KKN ini, warga mampu membuat filter air sederhana sehingga bisa mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari.

Warga juga dapat memperluas promosi hasil perkebunannya.

Luaran dari kegiatan KKN Kelompok 3E ITK yaitu ingin mengedukasi, membantu dan memberdayakan sumur bor yang terbengkalai menjadi berguna bagi masyarakat.

Baca juga: ITK Gelar UTBK SBMPTN 2022, Bidang Saintek Jadi Pilihan Favorit Peserta Ujian

Kegiatan KKN ini terealisasi dengan cara melakukan sosialisasi tentang pentingnya website branding sebagai media promosi serta menjelaskan bagaimana cara kerjanya, pentingnya menggunakan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, hingga melakukan praktik langsung terkait cara pembuatan filter air manganese greensand menggunakan bahan-bahan yang sederhana.

Diharapkan setelah kegiatan KKN ini selesai, warga Km 24 Balikpapan Utara dapat dengan mudah memperoleh air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, sehingga kesehatan mereka pun dapat terjaga.

Sementara dengan adanya website branding,  diharapkan penjualan jambu kristal masyarakat dapat meningkat dan suatu saat dapat mendatangkan investor yang mau bekerja sama dengan masyarakat tersebut untuk mengembangkan hasil perkebunanannya.

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved