Otomotif

Bikin Cepat Jenuh dan Mengantuk, Simak Trik Berkendara di Jalanan Lurus agar Lebih Menyenangkan

Trek lurus akan membuat pengendara lebih mudah jenuh bahkan mengantuk. Simak beberapa trik berikut agar jalanan lurus lebih menyenangkan.

Editor: Diah Anggraeni
GridOto.com/Ryan
Simak beberapa trik sederhana yang perlu diperhatikan agar berkendara di jalanan lurus yang panjang jadi lebih menyenangkan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Jalan tol menjadi salah satu solusi untuk memangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan.

Hal ini pun menjadi pilihan banyak orang agar mereka semakin cepat tiba di tempat tujuan.

Meski waktu tempuh lebih singkat, berkendara di jalan tol membutuhkan kewaspadaan yang ekstra.

Sebab, karakteristik jalan tol yang didominasi trek lurus akan membuat pengendara lebih mudah jenuh bahkan mengantuk.

Baca juga: Material Jalan Tol Terbuat dari Aspal Maupun Beton, Ternyata Ini Loh Alasannya

Menurut Instruktur Safety Riding & Driving GDDC (Global Defensive Driving Consulting), Andry Berlianto, ada beberapa trik sederhana yang perlu diperhatikan agar berkendara di jalanan lurus yang panjang jadi lebih menyenangkan.

Pertama dengan membuat manajemen perjalanan, supaya miliki gambaran atas perjalanan yang akan dilalui dan menentukan lokasi istirahat.

"Kelola perjalanan dengan baik dan maksimal, lalu tentukan waktu istirahat setiap dua jam sekali. Tentukan juga lokasi istirahatnya," ujar Andry kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Supaya tidak jenuh selama di perjalanan, Andri pun menyarankan agar pandangan tidak hanya fokus pada satu titik.

"Menggerakkan kepala untuk cek spion kiri atau kanan juga mampu mengurangi rasa keletihan. Jadi, jangan sampai terpaku melihat terus lurus ke depan," jelasnya.

Selain itu, berbincang dengan penumpang di sebelah bisa menjadi opsi untuk menghilangkan jenuh selama berkendara jauh melewati jalan lurus yang panjang.

Baca juga: Komponen Vital untuk Keselamatan Berkendara, Inilah Waktu yang Ideal Menghidupkan Lampu Sein

Namun, Andry memberikan catatan untuk batasi antusiasme agar tidak merusak konsentrasi selama berada perjalanan.

"Pengemudi bisa memutar musik sekadar untuk mendapatkan perhatian pendengaran, tapi tidak terbawa larut agar tidak merusak fokus," tutupnya.

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Berkendara di Jalanan Lurus yang Panjang Bikin Cepat Jenuh dan Mengantuk, Supaya Tetap Terjaga Cukup Lakukan Hal Mudah Ini, https://www.gridoto.com/read/223339912/berkendara-di-jalanan-lurus-yang-panjang-bikin-cepat-jenuh-dan-mengantuk-supaya-tetap-terjaga-cukup-lakukan-hal-mudah-ini.

Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved