Ekonomi dan Bisnis

Investasi Emas, Pilihan Paling Aman dan Minim Risiko

Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (Aurum). Aurum merupakan bahasa latin yang berarti pancaran sinar matahari.

Editor: Rahmad Taufiq
DOK/PRIBADI
Wigati Ritma Murti,S.Pd, Guru Kimia SMA Negeri 1 Nunukan, Kalimantan Utara. 

TRIBUNKALTIM.CO - Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (Aurum). Aurum merupakan bahasa latin yang berarti pancaran sinar matahari.

Istilah Au untuk emas dipilih karena kilauan emas yang sangat indah seperti lingkaran sinar yang mengelilingi matahari. Sebuah logam transisi yang lembek, mengkilap, kuning, berat, malleable (lunak) dan ductile (elastis).

Menurut penelitian penggunaan emas sudah ada sejak empat ribu tahun sebelum Masehi.

Hasil penelitian tersebut didasari dengan adanya temuan jasad manusia zaman dahulu yang masih menggunakan emas di bagian tubuhnya.

Hal ini membuktikan kalau emas sangatlah berharga sejak zaman dulu hingga sekarang masih dikagumi dan sekarang dijadikan alat investasi.

Baca juga: 6 Daftar Aplikasi Investasi Emas Digital Resmi Terdaftar di OJK, Diantaranya Ada Pegadaian Digital

Investasi adalah aktivitas menempatkan modal baik berupa uang atau aset berharga lainnya ke dalam suatu benda, lembaga, atau pihak dengan harapan pemodal atau investor kelak akan mendapatkan keuntungan setelah kurun waktu tertentu.

Manfaat investasi selain untuk meningkatkan aset, memenuhi kebutuhan masa depan, juga supaya kita bergaya hidup hemat dan juga untuk menghindari utang.

Investasi emas tergolong jenis investasi yang mudah untuk dilakukan. Di sini kita membicarakan emas yang berupa Logam Mulia.

Siapapun bisa mulai investasi emas logam mulia meski dengan modal yang terbatas. Emas termasuk ke dalam jenis investasi yang rendah risiko (low risk).

Investasi emas hingga saat ini masih menjadi pilihan banyak investor karena dianggap paling aman (safe haven).

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved