Gaya Hidup

Tips Mengetahui Usia Pada Kucing Peliharan, Berpengaruh Dengan Asupan dan Perawatannya

Bagi para pecinta kucing pasti masih banyak yang belum mengetahui cara melihat usia pada kucing yang dipeliharanya, begini cara mengetahuinya.

Editor: Aris
Tribunkaltim.co/Aris
Kucing. Penting untuk mengetahui usia pada kucing peliharaan untuk menentukan asupan dan perawatan yang baik sesuai usianya. 

TRIBUNKALTIM.CO - Bagi para pecinta kucing pasti masih banyak yang belum mengetahui cara melihat usia pada kucing yang dipeliharanya.

Terlebih, jika kucing tersebut merupakan kucing yang di adopsi dari pemilik lain atau kucing yang diselamatkan dari tempat penampungan dan lingkungan liar.

Padahal, mengetahui usia kucing merupakan hal penting untuk mengetahui jenis perawatan yang tepat seperti nutrisi atau makanan dan perawatan medis.

Baca juga: Anda Pecinta Kucing, Ini Hukum Memelihara Kucing dalam Islam Menurut Ustadz Khalid Basalamah

Tak hanya itu, mengetahui usia kucing juga bertujuan untuk menjaga kesehatan kucing tersebut, memberikan kualitas hidup, dan membuat sahabat bulu berumur panjang.

Namun, menghitung usia kucing berbeda dengan manusia.

Dilansir dari Kompas.com, cara terbaik menentukan usia kucing adalah berkonsultasi dengan dokter hewan tepercaya.

Baca juga: Pertama di Balikpapan, Ciptakan Cat Cafe Sekaligus Menyelamatkan Kucing Terlantar

Dokter hewan akan melakukan pemeriksaan terhadap seluruh tubuh kucing guna membantu menentukan perkiraan usia kucing.

Ada beberapa indikator yang dapat menentukan usia kucing peliharaan yang diinformasikan PETMD, Jumat (24/6/2022), diantaranya:

Berat badan kucing

Semakin muda usia kucing, semakin mudah bagi dokter hewan untuk menentukan kapan sahabat bulu lahir.

"Faktor-faktor seperti ukuran dan gigi kucing bisa sangat berguna dalam menentukan usia," kata Stephen Horvath, asisten profesor klinis di College of Veterinary Medicine di Ohio State University, Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Sejarah 22 Februari: Apa Itu Hari Nyan Nyan Nyan atau Hari Kucing di Jepang?

Horvath menjelaskan, sampai kucing berusia sekitar empat hingga enam bulan, aturan praktis yang baik adalah berat badan sahabat bulu bertambah satu pon setiap bulannya.

"Jadi, anak kucing seberat 1,3 klogram berumur tiga bulan, anak kucing seberat 1,8 kilogram adalah berusia empat bulan, dan seterusnya sampai sekitar 6 bulan."

Namun, Michael Nappier, asisten profesor praktik komunitas di Departemen Ilmu Klinis Hewan Kecil Virginia-Maryland College of Veterinary Medicine, AS, mengatakan metode ini tidak mudah.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved