Berita Kukar Terkini

Hari Pertama PPDB di Kukar, Ratusan Siswa Serbu SMPN 3 Tenggarong

Ratusan calon peserta didik baru memadati sekolah SMP Negeri 3 Tenggarong di hari pertama pendaftaran PPDB online di Kabupaten Kukar

Penulis: Miftah Aulia Anggraini | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA
Suasana di SMP N 3 Tenggarong Pendaftaran penerimaan peserta didik baru ( PPDB) 2022 di SMPN 3 Tenggarong. Link PPDB Kutai Kartanegara kini bisa mulai diakses. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Ratusan calon peserta didik baru memadati sekolah SMP Negeri 3 Tenggarong di hari pertama pendaftaran PPDB online di Kabupaten Kukar, Kalimantan Timur

Pantauan TribunKaltim.co, beberapa SMP Negeri di Kukar yang dianggap sebagai sekolah favorit memang diserbu ratusan orangtua murid dan siswa dalam momen PPDB

Para pendaftar atau calon peserta didik baru jenjang SMP di PPDB kali ini rela mengantre untuk melakukan verifikasi berkas pendaftaran di sekolah pilihannya.

Seperti di SMPN 3 Tenggarong, antrean para calon peserta didik baru yang didampingi para orangtua diketahui telah mengantre sejak pagi.

Baca juga: Hari Pertama Dibuka, Cek Link Pendaftaran dan Cek Kuota PPDB SD-SMP di Kukar Jalur Zonasi

Baca juga: Jalur PPDB di SMP Negeri 25 Penajam Paser Utara, Masih Banyak yang Belum Terisi

Baca juga: Dibuka, Link Pengumuman PPDB Jakarta 2022 Jenjang SD, SMP, SMA, Cek Cara Lapor Diri

Bahkan hingga siang menjelang, para calon siswa masih tampak memadati lokasi pendaftaran untuk melaksanakan proses verifikasi data.

Kepala SMPN 3 Tenggarong, Sariyani mengatakan daya tampung siswa baru mencapai 256 siswa. Sementara pada tahun lalu, setidaknya ada 800 siswa mendaftar di sekolahnya.

"Hingga siang ini menjelang selesainya proses verifikasi pukul 12.00 Wita, sudah ada seratusan siswa yang melakukan verifikasi datang ke sekolah," kata Sariyani, Senin (27/6/2022).

Sebagai informasi, dalam PPDB online di Kutai Kartanegara ada empat jalur yang dipakai, yakni jalur zonasi, jalur prestasi, jalur afermasi dan jalur perpindahan.

Pihak sekolah SMPN 3 Tengarong juga tidak kaget dengan membludaknya jumlah pendaftar di hari pertama. Padahal proses pendaftaran masih tersisa beberapa hari lagi.

Namun sebagai Kepala Sekolah, Sariyani menduga adanya sistem zonasi pada PPDB online membuat calon siswa yang posisinya dekat dengan sekolah lebih mudah mendaftar dan memenuhi kuota.

Baca juga: Pra Pendaftaran PPDB Kukar Telah Dibuka, Simak Persyaratan Pendaftarannya

"Dibuka pendaftaran di hari pertama sudah banyak yang mendaftar. Untuk antisipasi antrian proses verifikasi kami membuka sejumlah loket, termasuk ada papan informasi," terangnya.

SMPN 3 Tenggarong akan membuka pendaftaran selama enam hari sesuai pentunjuk teknis dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar.

Termasuk pemberlakukan sistem zonasi yang saat ini sedang digalakkan. Para calon peserta didik juga harus bergiliran untuk mendaftar dan melakukan proses verifikasi data di sekolah.

Untuk saat ini, tidak ada kendala yang dialami oleh pihak panitia PPDB di sekolah yang beralamat di Jalan Gunung Kombeng No.48, Melayu, Kecamatan Tenggarong itu.

“Alhamdulillah tidak ada kendala, semuanya berjalan dengan lancar. Mudah-mudahan tanggal 2 Juli nanti, semua bisa berjalan lancar seperti sekarang,” harap Sariyani. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved