Berita Balikpapan Terkini

Terdesak Kebutuhan Ekonomi, Pria di Balikpapan Nekat Bobol Toko Melalui Atap

Seorang pria berinisial AP (34), warga Sepinggan, Balikpapan Selatan, Balikpapan diringkus kepolisian setelah nekat membobol sebuah toko.

Penulis: Mohammad Zein Rahmatullah | Editor: Aris
Tribun Kaltim/Zein
Satreskrim Polresta Balikpapan mengamankan pria berinisial AP (34) lantaran diduga melakukan pencurian di salah satu toko di kawasan Balikpapan Tengah, Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Seorang pria berinisial AP (34), warga Sepinggan, Balikpapan Selatan, Balikpapan diringkus kepolisian setelah nekat membobol sebuah toko.

Aksi nekat tersebut dilakukan AP pada Rabu (22/6/2022) lalu sekira pukul 08.00 Wita di sebuah toko alat tulis kantor yang beralamat di Jalan Jend. Ahmad Yani, Gunung Sari Ilir, Balikpapan Tengah, Balikpapan.

Kasat Reskrim Polresta Balikpapan, Kompol Rengga Puspo Saputro menjelaskan, pelaku tersebut bermodus membobol toko melalui atap.

Baca juga: Modus Kerjasama Koperasi, IRT di Balikpapan Tipu Rekannya Hingga Ratusan Juta Rupiah

"Setelah berhasil masuk, pelaku kemudian mengambil uang, baju, dan tas ransel," ujar Rengga, Selasa (28/6/2022).

Nominalnya pun tak sedikit. Melainkan Rp 5 juta dalam pecahan logam nominal Rp 1.000.

Menurut keterangan korban, dikemukakan Rengga, merupakan uang yang disiapkan untuk transaksi atau biasa disebut dengan uang kembalian.

Nahasnya, aksi tersebut terekam CCTV yang kemudian menjadi dasar bukti bagi korban untuk melaporkan ke Mapolresta Balikpapan. Dimana kerugian yang ditimbulkan berkisar Rp 5,2 juta.

Baca juga: Sonhaji Sebutkan Alasan PKS Usulkan Sayid MN Fadly Sebagai Calon Pengganti Wakil Walikota Balikpapan

Atas laporan tersebut, Rengga menyebut, pihaknya langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku yang bermukim di salah satu perumahan di Balikpapan.

"Dari pelaku, kita menemukan kaos dan celana yang sempat digunakan pelaku saat beraksi. Sementara hasil curian yang bisa kita amankan tersisa Rp 850 ribu," papar Rengga.

Baca juga: Peringati HANI 2022, BNNK Balikpapan Canangkan Program Kelurahan Bersinar di 3 Wilayah

Saat digiring petugas, AP tampak tertunduk dan tak banyak bicara. Disinggung soal motifnya, tersangka sendiri hanya menyebut bahwa aksi tersebut lantaran kebutuhan ekonomi.

Dimana aksi ini diduga bukan kali pertama yang dilakukan olehnya. Berdasarkan catatan kepolisian, Rengga mengutarakan bahwa AP sendiri merupakan seorang residivis dengan kasus yang sama, yakni pencurian.

"Atas perbuatannya, pelaku kita jerat lewat Pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana penjara hingga 7 tahun," tukas Rengga. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved