Berikan Multiplier Effect, Menko Airlangga Apresiasi Pembangunan Rumah Sakit di Cilacap

Menko Airlangga secara resmi membuka Rumah Sakit Priscilla Medical Center di Cilacap, Jumat (1/7/2022).

Editor: Diah Anggraeni
ekon.go.id
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat meresmikan Priscilla Medical Center di Cilacap, Jumat (1/7/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Meski dengan semakin terkendalinya pandemi Covid-19 saat ini, pemerintah masih menjadikan penanganan kesehatan masyarakat sebagai perhatian utama.

Berbagai upaya terus dilakukan, termasuk dengan mendorong didirikannya berbagai fasilitas kesehatan.

Baca juga: Raih Opini WTP Ke-14, Menko Airlangga Minta Good Governance dan Continuous Improvement Ditingkatkan

Pembangunan rumah sakit sebagai fasilitas fisik merupakan sarana penunjang yang sangat penting dalam pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat.

"Saya sangat berterima kasih dan sangat mendukung pembangunan rumah sakit ini. Tentu hal ini menjadi inspirasi yang luar biasa," ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan dalam acara Grand Opening Priscilla Medical Center (PMC) di Cilacap, Jumat (1/7/2022).

Pada kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga secara resmi membuka Rumah Sakit PMC.

Rumah Sakit PMC juga telah bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat menerima manfaat dari fasilitas kesehatan ini.

Diproyeksikan dari 153 tempat tidur yang ada, 80 tempat tidur disediakan untuk pasien rawat inap BPJS.

Baca juga: Menko Airlangga Ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Ketua Dewan Nasional KEK

Dengan adanya fasilitas kesehatan tersebut, tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat dari sisi kesehatan saja, namun juga dari sisi multiplier effect ekonomi bagi daerah Cilacap dan sekitarnya, melalui keterlibatan tenaga kerja di bidang kesehatan yang mampu diberdayakan.

"Komposisi tenaga kerja di Rumah Sakit PMC adalah 80 persen berasal dari Kabupaten Cilacap, 10 persen dari Kabupaten Banyumas dan sekitarnya, serta 10 persen lainnya berasal dari daerah lain," tutur Ketua Komisaris PT Sari Husada Bhakti dan pemilik Rumah Sakit Priscilla Medical Center, Jacobus Dwihartanto.

Guna selalu meningkatkan ketahanan masyarakat dari pandemi Covid-19, pemerintah juga terus mendorong vaksinasi Covid-19, baik dosis primer maupun booster-nya.

Terkait dengan hal itu, Rumah Sakit PMC juga turut berpartisipasi membantu Pemerintah menangani pasien Covid-19 dan mengakselerasi vaksinasi booster.

"Alhamdulillah, pada saat varian delta sedang meningkat, Rumah Sakit Priscilla Medical Center ini sudah siap beroperasi dan langsung dipergunakan di tengah situasi pandemi. Jadi ini adalah fasilitas yang sangat tepat," tutur Menko Airlangga.

Baca juga: Dorong Generasi Muda untuk Berwirausaha, Airlangga: Anak Muda Bisa Menjadi Game Changer

Dalam rangkaian acara tersebut, Menko Airlangga selain mengunjungi kegiatan vaksinasi booster di Rumah Sakit PMC, juga turut berbincang singkat dengan beberapa peserta vaksinasi booster dan beberapa pasien rumah sakit.

Rumah Sakit PMC sebagai rumah sakit umum kelas C memiliki 153 tempat tidur rawat inap, 21 poli dengan 30 dokter spesialis, IGD, hemodialisa, laboratorium, radiologi, dan rehab medik.

Rumah Sakit PMC juga memiliki 3 kamar operasi, ICU/NICU/PICU, fasilitas persalinan, dan fasilitas rawat anak.

"Fasilitas yang ada di Rumah Sakit PMC ini sangat luar biasa dan mungkin salah satu yang terbaik di Cilacap bahkan di Jawa Tengah. Rumah sakit ini juga menjadi magnet untuk kesehatan masyarakat agar masyarakat sekitarnya sehat dan sejahtera," tutup Menko Airlangga.

Baca juga: Menko Airlangga Ungkapkan Beragam Skenario Presidensi G20 Indonesia Dukung Pemulihan Ekonomi Global

Turut hadir dalam acara tersebut di antaranya anggota DPR RI, Menteri Perindustrian, perwakilan Gubernur Jawa Tengah, dan Bupati Cilacap. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved