Idul Adha

Bupati Kukar Imbau Warga Bagikan Daging Kurban Tanpa Kantong Plastik

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah mengimbau pendistribusian hewan kurban di Kota Tenggarong tak menggunakan kantung plastik.

TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI
Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah mengimbau agar warga tidak menggunakan kantong plastik saat pembagian hewan kurban. TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah mengimbau pendistribusian hewan kurban di Kota Tenggarong tak menggunakan kantong plastik.

Imbauan itu dikeluarkan melalui Surat Edaran (SE) No.B-1616/DLHK/BID/II.I/065.11/07/2022 tentang Hari Raya Iduladha 1443 H Tanpa Sampah Plastik.

SE ini ditujukan kepada camat, lurah/kepala desa, dan masyarakat/panitia pelaksanaan kegiatan Iduladha se-Kutai Kartanegara.

"Karena realitas distribusi daging kurban berpotensi menimbulkan sampah plastik dari penggunaan kantong plastik sekali pakai," ujarnya, Minggu (10/7/2022).

Imbauan tanpa plastik tersebut juga sebagai implementasi program pengurangan dan penanganan sampah dengan keterlibatan masyarakat.

Baca juga: Bupati Kukar Edi Damansyah Tinjau Hewan Kurban, Dijamin Sehat dan Bebas PMK

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara mengimbau dan mengajak panitia untuk membagi daging kurban tidak menggunakan kantong plastik.

"Jadi masyarakat imbau untuk membawa wadah sendiri yang dapat dipakai ulang untuk mewadahi pembagian daging kurban,” kata Bupati Edi Damansyah.

Untuk mengganti kantong plastik, maka masyarakat bisa memakai wadah daging kurban dengan menggunakan daun.

Misalnya, daun pisang atau daun jati, wadah anyaman bambu (besek) atau wadah lain yang tersedia di daerah masing-masing.

"Pakai wadah yang dapat digunakan ulang atau dapat dikomposkan dan tidak menimbulkan sampah plastik," jelasnya.

Edi juga meminta semua pihak menjaga dan mengendalikan kebersihan lingkungan di tempat penampungan, penjualan, dan pemotongan hewan kurban.

Baca juga: Bupati Edi Damansyah Imbau Warga Kukar Potong Hewan Kurban di RPH

Ia pun meminta agar setiap panitia Iduladha menyediakan sarpras pengelolaan sampah, seperti tempat sampah terpilah dan alat pengumpul sampah terpilah.

Selain itu, pantia diminta melaksanakan pengumpulan dan pengangkutan sampah di lokasi pelaksanaan salat Iduladha dan pembagian daging kurban.

Menyediakan satuan tugas khusus di lapangan yang menangani sampah sekaligus sebagai tenaga kampanye dan edukasi publik dalam pengurangan sampah plastik.

"Sarpras ini bisa disediakan di lokasi pelaksanaan salat Iduladha dan pembagian daging kurban,” ucapnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved