Berita Kukar Terkini

Pertalite di Kutai Kartanegara Sulit Dicari, Ini Penjelasan Pertamina

Nyaris sepekan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite sulit dicari dan kosong di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Penulis: Miftah Aulia Anggraini | Editor: Aris
Tribun Kaltim/Dwi Ardianto
Ilustrasi antrean kendaraan roda dua di SPBU. (Tribun Kaltim/Dwi Ardianto) 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Nyaris sepekan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite sulit dicari dan kosong di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).  

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Susanto August Satria, menyebut tak ada pembatasan Pertalite di Kukar.

Pendistribusian Pertalite tetap dilakukan setiap harinya. Namun, dari pantauan TribunKaltim.co, kekosongan Pertalite terjadi pada sejumlah SPBU yang ada di Tenggarong.

Baca juga: Tunjang IKN Disektor Pariwisata, Pulau Maratua Berau Diajukan Sebagai Pengganti Pulau Bali

"Tidak ada pembatasan, Pertalite tetap dipasok setiap hari. Jika habis, bukan berarti dalam satu hari tidak ada Pertalite di SPBU itu," ujarnya dihubungi TribunKaltim.co, Sabtu (16/7/2022).

Satria menjelaskan, kendala utama Pertalite sulit dicari merupakan imbas dari kapal pengangkut bahan bakar yang kesulitan untuk bersandar karena cuaca buruk.

“Mau menuju bersandar itu terkendala cuaca. Akhirnya dilakukan pengaturan agar SPBU itu semuanya mendapat pertalite,” jelasnya.

Baca juga: Soal Kejanggalan Kematian Gadis di Bawah Umur di Balikpapan, Polisi Amankan Suami Siri dan Ayah Tiri

Meski demikian, Pertamina Patra Niaga memastikan stok BBM Pertalite di Kutai Kartanegara akan kembali normal pada hari ini.

"Hari ini, insya Allah bisa normal kembali karena kapal sudah berhasil bersandar," kata Susanto August Satria.

Sebagai informasi, sebenarnya kuota BBM jenis Pertalite di Kutai Kartanegara setiap bulan hanya mendapat jatah 8.200 kiloliter (Kl) saja.

Baca juga: Cuaca di Kaltim Hari Ini Sabtu 16 Juli 2022, Sebagian Besar Kabupaten dan Kota Berpotensi Hujan

Namun dalam realisasinya, Pertamina mendistribusikan 10.800 Kl Pertalite setiap bulan untuk Kabupaten Kutai Kartanegara. Artinya, Kukar kelebihan kuota hingga 2.000 Kl. 

Sementara saat ini, kuota berjalan Pertalite khusus Kukar seharusnya hanya 3.835 kiloliter, terhitung dari 1-14 Juli. Namun, realisasinya sudah mencapai 4.485 kl hingga 14 Juli 2022.

"Iya over itu, sekarang aja contohnya realisasi sudah empat ribuan kiloliter sampai tanggal 14 Juli, bentar lagi sudah mencapai sembilan ribuan kiloliter kan,” pungkasnya. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved