Otomotif

Jangan Asal Menyebar Foto Korban Kecelakaan, Hukumannya Bisa Berupa Bui atau Denda Rp 1 Miliar

Menyebar foto korban kecelakaan bisa diancam hukuman penjara selama 6 tahun dan denda paling banyak sebesar Rp 1 miliar.

Editor: Diah Anggraeni
istimewa
Setop menyebar foto korban kecelakaan, hukumannya bisa enam tahun dibui atau denda Rp 1 miliar. 

TRIBUNKALTIM.CO - Jangan sembarangan mengunggah foto korban kecelakaan di internet, misalnya, di media sosial.

Pasalnya, hal itu bisa diancam hukuman penjara selama 6 tahun, sesuai dalam pasal 27 ayat 1 UU ITE.

Selain itu, tindakan menyebar foto korban kecelakaan juga dinilai menyalahi aspek privasi dan tidak menunjukkan rasa kemanusiaan, sehingga tidak layak dikonsumsi publik.

Baca juga: Sering Melihat Kecelakaan di Tol? Ini Aturan Menolong Korban Kecelakaan di Jalan Tol

Direktur Mobilitas Sepeda Motor PP Ikatan Motor Indonesia (IMI), Joel D Mastana mengatakan, pasal 27 ayat 1 UU ITE sudah jelas mengatur perihal kesusilaan yang perlu diperhatikan setiap orang.

"Menyebar foto korban kecelakaan akan berdampak negatif dan sangat tidak nyaman bagi korban, keluarga, hingga kerabatnya secara logika atau rasional. Sebab kesusilaan ini mengandung privasi seseorang yang luar biasa soal kondisi hingga bagian tubuh yang tidak patut diekspos," ujarnya saat dihubungi GridOto.com, Sabtu (16/7/2022).

Joel menyebut, menyebar foto korban kecelakaan dinilai sangat tidak baik meskipun tujuannya untuk kepentingan informasi.

"Karena ada privasi seseorang yang bisa menciptakan situasi tidak nyaman, kalau di lokasi kejadian lebih baik bantu korban bukannya malah ambil foto," katanya.

"Makanya kalau untuk kebutuhan informasi adanya kecelakaan, sebaiknya jangan foto yang memperlihatkan korbannya. Misalnya foto saja kondisi kendaraannya," papar pria ramah yang juga seorang Profesional Safety Riding Trainer tersebut.

Baca juga: Tips Membeli Mobil Bekas, Begini Cara Cek Kendaraan yang Pernah Mengalami Kecelakaan

Bagi yang belum tahu, isi dari aturan tersebut yaitu "Setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun".

Maka dari itu Sob, sebaiknya jangan asal foto kalau melihat adanya kecelakaan.

Sebab hukuman menyebar foto korban kecelakaan ini bukan hanya pidana selama enam tahun, tapi bisa juga denda paling banyak sebesar Rp 1 miliar.

Hal ini tertuang dalam pasal 27 ayat 1, pasal 27 ayat 3 hingga pasal 43 UU ITE

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Stop Menyebar Foto Korban Kecelakaan, Hukumannya Bisa Enam Tahun Dibui atau Denda Rp 1 Miliar, https://www.gridoto.com/read/223379269/stop-menyebar-foto-korban-kecelakaan-hukumannya-bisa-enam-tahun-dibui-atau-denda-rp-1-miliar?page=all.

Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved