Berita Kukar Terkini

Tabuh Gimar, Wagub Hadi Mulyadi Buka Ajang TIFAF 2022 di Kutai Kartanegara

Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi resmi membuka gelaran Tenggarong International Folk Arts Festival (TIFAF) 2022.

TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi resmi membuka gelaran Tenggarong International Folk Arts Festival (TIFAF) 2022 dengan ditandai pemukulan gimar bareng Bupati Kukar Edi Damansyah dan Sultan Kutai Aji Muhammad Arifin. TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi resmi membuka gelaran Tenggarong International Folk Arts Festival (TIFAF) 2022.

Pemukulan gimar sebagai tanda dibukanya TIFAF 2022.

Pembukaan ini semakin meriah dengan iringan musik tangkil dan penyalaan lampu hias, serta kembang api yang menghiasi langit Kota Raja.

TIFAF yang dimeriahkan 9 grup kesenian rakyat mancanegara itu diharapkan bisa lebih memperkenalkan budaya asli dari Kutai Kartanegara.

"Saya harap kegiatan ini bisa berjalan setiap tahun. Apalagi dengan Kaltim menjadi IKN, ajang TIFAF diharapkan bisa membuat budaya lokal menjadi lebih dikenal," ujarnya, Rabu (20/7/2022).

Baca juga: Tarian Kesultanan Kutai Kartanegara Tampil Perdana pada Pembukaan TIFAF 2022

Menurut Hadi, kehadiran kesenian mancanegara di Kutai Kartanegara merupakan wujud nyata dalam memperkenalkan budaya adat istiadat daerah ke kancah internasional.

Artinya, potensi kebudayaan, adat istiadat yang dimiliki bangsa sangat berlimpah, terutama di wilayah pedalaman, banyak perlu mendapat apresiasi.

"Apalagi selama ini mereka terus menjaga kelestarian budaya,” ujar Hadi Mulyadi dalam sambutannya.

Sementara itu Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah mengatakan, festival ini merupakan agenda kebanggaan masyarakat Kukar.

Usai vakum dua tahun imbas pandemi Covid-19, TIFAF 2022 banyak dinantikan masyarakat dan menjadi ruang aktualiasi bagi para seniman daerah, nusantara dan mancanegara.

Hal ini sekaligus memacu para pelaku industri pariwisata untuk turut menggerakkan kemajuan sektor pariwisata di Kukar.

Mengingat, TIFAF 2022 ini merupakan salah satu ikon wisata budaya Kutai Kartanegara, yang telah menjadi agenda tetap secara nasional.

Baca juga: Bupati Edi Damansyah Sebut TIFAF 2022 sebagai Ajang Perkenalkan Budaya Kukar ke Dunia

"Festival ini menjadi pintu masuk yang strategis untuk mengenal dan mempromosikan daya tarik wisata di Kutai Kartanegara," kata Edi Damansyah.

Sebagai informasi, Pembukaan TIFAF 2022 berlangsung malam hari ini di Taman Kota Raja kawasan central business district (CBD), pukul 20.00 Wita.

Para peserta partisipasi TIFAF 2022 terdiri dari 9 Negara, 11 provinsi, 10 kabupaten/kota di Kalimantan Timur dan 18 kecamatan se-Kutai Kartanegara.

Peserta mancanegara meliputi Bulgaria, Taiwan, Korea Selatan, North Cyprus, Peru, Romania, Turki, United Arab Emirates (UAE) dan Venezuela. Hanya saja, tidak datang langsung namun mengirimkan video tapping. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved