Berita Kukar Terkini

21 Persen Warga Kukar Belum Nikmati Air Bersih, Bupati Edi Damansyah: Persoalan Ini Tuntas 2023

Bupati Kukar, Edi Damansyah berkomitmen untuk menuntaskan pemenuhan air bersih di desa-desa yang belum terjangkau di Kabupaten Kutai Kartanegara

Penulis: Miftah Aulia Anggraini | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA
Bupati Kukar, Edi Damansyah, menegaskan, akan segera tuntaskan persoalan kebutuhan air bersih di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa (2/8/2022). TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Bupati Kukar, Edi Damansyah berkomitmen untuk menuntaskan pemenuhan air bersih di desa-desa yang belum terjangkau di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Setidaknya, ada 21 persen penduduk Kutai Kartanegara yang belum menikmati air bersih tersebut. Edi menargetkan persoalan ini selesai di tahun 2023 mendatang.

Hal tersebut akan dilakukan seiring dengan berjalannya program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Kukar.

Apalagi, sudah ada 60 desa yang menjadi lokus utama program air bersih desa yang dituangkan dalam RPJMD Kukar Idaman 2021-2026.

Baca juga: TIFAF Masuk Unggulan Karisma Event Nasional, Bupati Edi Damansyah Berharap Jadi Pendorong Ekonomi

"Program pamsimas ini berjalan terus. Program pamsimas ini sasarannya untuk desa-desa yang belum terjangkau PDAM," kata Bupati Edi Damansyah saat memimpin rakor peningkatan air bersih belum lama ini.

Menurutnya, ketersediaan air bersih bagi masyarakat adalah kebutuhan mutlak. Pemanfaatan air bersih tidak hanya untuk kebutuhan rumah tangga.

ILUSTRASI Kondisi PDAM Balikpapan usai diguyur hujan, Selasa 22 Maret 2022 pagi.
ILUSTRASI Kondisi meteran PDAM. (TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO)

Melainkan juga untuk pemenuhan fasilitas kesehatan, fasilitas pelayanan sosial ekonomi, maupun fasilitas umum lainnya.

Terkait kebutuhan yang beragam tersebut, maka ketersediaan air yang memenuhi standar, baik dari segi kualitas, kuantitas, dan kontinuitasnya.

Baca juga: Masuk Top Finalis Inovasi, Bupati Kukar Edi Damansyah Presentasikan Mabuk Kepayang

Hal ini akan sangat berpengaruh, sebab menjadi salah satu penentu peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dan, peningkatkan derajat kesehatan, serta mendorong peningkatan produktivitas masyarakat sehingga perekonomian masyarakat dapat bertumbuh.

ILUSTRASI Meteran air bersih dari PDAM.
ILUSTRASI Meteran air bersih dari PDAM. (TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO)

Sebagai bentuk komitmen penyediaan air bersih bagi masyarakat, Pemkab Kukar juga terus mendorong pihak lainnya.

Salah satunya denhan menggandeng perusahaan yang beroperasi di wilayah Kukar sebagai mitra pemerintah dalam Forum TJSP agar lebih bersinergi.

"Terutama, untuk mendukung serta memfasilitasi tercapaianya 100 persen visi-misi Kukar Idaman menuju masyarakat Kukar yang sejahtera dan berbahagia," imbuhnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved