Berita Pemprov Kalimantan Timur

BKT Sudah Dinikmati 62.925 Pelajar dan Mahasiswa, Tahun Ini Tambah Rp 156,4 Miliar

Pemprov Kaltim kembali mengalokasikan anggaran untuk Beasiswa Kalimantan Timur sebesar Rp 156,4 miliar dalam APBD Murni 2022.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemprov Kaltim
Gubernur Kaltim H Isran Noor dan Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi menyerahkan Beasiswa Kalimantan Timur. Investasi jangka panjang membangun SDM berkualitas dan berdaya saing. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sejak 2019 hingga 2021, setidaknya 62.295 putra-putri Kalimantan Timur baik pelajar maupun mahasiswa yang telah menerima beasiswa dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, di bawah duet kepemimpinan Gubernur Isran Noor dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi melalui program Beasiswa Kalimantan Timur (BKT).

Dengan total anggaran yang telah dikucurkan (2019-2021) kurang lebih sebesar Rp 496,8 miliar.

Pada tahun keempat masa pemerintahan Gubernur Isran Noor dan  Wakil Gubernur Hadi Mulyadi, pemprov kembali mengalokasikan anggaran untuk beasiswa Kaltim sebesar Rp 156,4 miliar dalam APBD Murni 2022.

"Sejak awal masa kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur, Isran Noor-Hadi Mulyadi memang telah berkomitmen untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Kalimantan Timur, sebagaimana yang tertuang dalam misi pertama visi Berani untuk Kalimantan Timur Berdaulat, yaitu berdaulat dalam pembangunan sumber daya manusia yang berakhlak mulia dan berdaya saing, terutama perempuan, pemuda dan penyandang disabilitas," terang Kepala Badan Pengelola Beasiswa Kaltim (BPBKT) Iman Hidayat, pekan lalu.

Baca juga: Masyarakat Lokal PPU Dapat Berpartisipasi, Gubernur Isran Berterima Kasih kepada Menaker

Iman Hidayat menyebut setidaknya 84.189 pelajar dan mahasiswa Benua Etam telah mendaftar BKT pada 2022.

Dibuka sejak 22 Maret dan ditutup pada 31 Mei 2022 lalu. Dari jumlah tersebut, terbagi dalam tiga kategori yaitu kategori Tuntas Mahasiswa sebanyak 14.212 pendaftar, Stimulan Mahasiswa (17.150 pendaftar) dan Stimulan Siswa (52.827 pendaftar).

"Hasil seleksi tahap pertama telah diumumkan pada 10 Agustus 2022 lalu di laman resmi beasiswa.kaltimprov.go.id. Bagi yang sudah dinyatakan sebagai calon penerima, maka akan dibuatkan rekening baru oleh bank penyalur (BTN, BRI, Mandiri) sesuai pilihan. Kita (BPBKT) juga masih  memberikan masa pengaduan bagi mahasiswa terhadap hasil seleksi yang sudah diumumkan sampai dengan Selasa, 17 Agustus 2022," jelas Iman Hidayat.

Mantan Plt Kepala Bappeda Kaltim ini menambahkan Beasiswa Kalimantan Timur baru akan cair setelah diterbitkannya Surat Keputusan (SK) Gubernur dan kesiapan bank penyalur.

Calon penerima beasiswa pun diwajibkan untuk terus memantau informasi di laman Beasiswa Kalimantan Timur agar tidak ketinggalan tahapan-tahapan selanjutnya yang harus dilakukan.

"Bagi pelajar dan mahasiswa yang masuk daftar tunggu, yang akan diseleksi atau diverifikasi di tahapan berikutnya, maka silakan menunggu pengumuman beasiswa tahap II,” tambah Iman.

Baca juga: Realisasi Investasi Kaltim Meningkat Signifikan

Untuk target penerima beasiswa, Iman menyebut belum bisa menetapkan.

Hal ini karena tim verifikasi dan validasi masih akan menghitung jumlah penerima beasiswa disesuaikan dengan besaran uang kuliah tunggal (UKT/SPP) masing-masing calon penerima beasiswa. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved