HUT Kemerdekaan RI

Rayakan HUT ke-77 RI di Atas Awan, Jurnalis Kukar Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Bukit Biru

Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI, jurnalis di Kutai Kartanegara kibarkan bendera merah putih di atas awan.

Penulis: Miftah Aulia Anggraini | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI
Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI, jurnalis di Kutai Kartanegara kibarkan bendera merah putih di atas awan. (TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI) 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI, Jurnalis di Kutai Kartanegara kibarkan bendera merah putih di atas awan.

Puncak bukit biru yang berada di Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu merupakan puncak yang dipilih untuk pendakian para pewarta di Kota Raja.

Lokasinya juga tak begitu jauh dari wilayah pusat pemerintahan, hanya berjarak sekira 12 kilometer. Perjalanannya bisa ditempuh dengan waktu 30 menit dengan kendaraan roda dua maupun empat.

Namun, untuk proses pendakian dibutuhkan waktu 1-2 jam. Jurnalis Kukar pun telah mempersiapkan diri sejak dini hari atau sebelum munculnya matahari.

Baca juga: HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Makmur: Banyak Capaian Pembangunan Infrastruktur

"Kami jurnalis Kukar ingin ikut menyemarakan. Tujuannya, bukan hanya sekadar melihat pemandangan dari atas tetapi juga membuat video ucapan HUT RI," kata seorang jurnalis media online, Supriyadha, Rabu (17/8/2022).

Menurutnya, menelusuri puncak bukit biru yang tidak terlalu tinggi seperti gunung di pulau jawa, memiliki hikmah tersendiri.

Kegiatan ini, kata Supri panggilan akrabnya, menjadi momen untuk mempererat tali persaudaraan di antara para jurnalis Kukar.

Baca juga: Peringati HUT ke-77 RI, Digelar Upacara Renungan Suci di TMP Dharma Agung Balikpapan

"Seberat apapun medan yang dilalui, secapek apapun kaki melangkah, itu masih ringan jika dibandingkan dengan perjuangan para pahlawan untuk kemerdekaan Indonesia," tuturnya.

Senada, seorang jurnalis perempuan, Lodya Astagina juga mengatakan hal yang sama. Semangatnya berkobar ketika hendak menaiki puncak teratas di wilayah Tenggarong itu.

Kata dia, pendakian yang dilakukan tak seberapa jika dibandingkan perjuangan para pahlawan yang rela meninggalkan keluarga bahkan mempertaruhkan nyawa.

Baca juga: 17 LINK Template Aplikasi Edit Video CapCut untuk Ramaikan HUT ke-77 RI dan 3 Langkah Menggunakannya

"Sama seperti jurnalis yang sebenarnya punya pekerjaan beresiko. Namun kami akan tetap menulis sebagai bentuk perjuangan untuk menyuarakan suara yang tidak terdengar," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Bukit Biru memang memiliki jalur tracking yang menantang. Di jalur pertama, para jurnalis Kukar berhasil melewati pepohonan yang lebat.

Sensasinya, mirip dengan hutan tropis. Udara pada pagi hari pun terasa masih sangat sejuk dan menyegarkan.

Baca juga: Meriahkan HUT ke-77 RI 17 Agustus 2022, Pizza Hut Beri Promo Beli 1 Gratis 1, Cek Syaratnya

Sementara pada jalur kedua, masih menantang adrenalin. Sebab, cukup terjal dan ada jurang di sekeliling yang membuat para jurnalis harus ekstra hati-hati.

Tingkat kemiringan jalur track ini cukup curam, yakni 45 derajat hingga 60 derajat. Namun, tak perlu khawatir, karena di sekitar track disiapkan tali pembatas agar tetap aman. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved