Berita DPRD Kaltim

Rancangan KUA-PPAS APBD Kaltim 2023 Disepakat Rp 15,1 Triliun

Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provins

Editor: Rahmad Taufiq
HO/TRIBUNKALTIM.CO
Pemprov dan DPRD Kaltim menyepakati rancangan KUA PPAS tahun 2023 sebesar Rp 15 triliun. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kalimantan Timur tahun 2023 disepakati Rp 15,10 triliun.

Hal tersebut disampaikan Pj Sekprov Kaltim Riza Indra Riadi pada rapat paripurna ke-31 DPRD Kaltim dengan agenda penandatangan kesepakatan antara DPRD Kaltim dengan Gubernur Kaltim, atas rancangan KUA dan PPAS APBD 2023, Jumat (19/8/2022).

Ia menjelaskan, kesepakatan KUA dan PPAS rancangan APBD Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp 15,10 triliun.

Adapun rinciannya anggaran pendapatan direncanakan Rp13,54 triliun yang bersumber dari pendapatan asli daerah Rp 7,60 triliun dan pendapatan transfer Rp5,93 triliun dan lain-lain pendapatn daerah yang sah Rp 13,8 miliar.

Anggaran belanja daerah dialokasikan Rp 14,90 triliun direncanakan untuk belanja SKPD dalam upaya pencapain target saran pembangunan daerah sebagaimana diamanahkan pada RPJMD Kaltim 2019-2023.

Baca juga: Banggar DPRD Kaltim dan TAPD Rapat Bersama Bahas Rancangan KUA-PPAS APBD 2023

Untuk pembiyaan, lanjut dia, pada sisi penerimaan pembiayaan dialokasikan sebesar Rp1,55 triliun, alokasi ini direncanakan untuk menutupi defisit anggaran pada sisi pengeluaran pembiayaan dialokasikan Rp 200 miliar untuk penyertaan modal.

“Karena itu pemerintah sangat berharap agar sinergi ini terus menjadi lebih baik dan erat di waktu-waktu mendatang, demi kepentingan pelaksanaan pembangunan sehingga mampu menciptakan kondisi lebih baik menuju kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kaltim,” ujarnya.

Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK saat memimpin rapat paripurna menjelaskan, adapun rangkaian pembahasan raperda tentang rancangan APBD Tahun Anggaran 2023 dimulai dari penyampaian KUA dan PPAS APBD Kaltim Tahun 2023 oleh Pemprov kepada DPRD.

Kemudian rancangan tersebut dibahas bersama antara Badan Anggaran (Banggar) dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kaltim.

Baca juga: Perubahan APBD Kaltim 2022 Disepakati 14,87 Triliun

“Terima kasih kepada Pemprov Kaltim atas kerja samanya sebagai mitra dari DPRD. Berharap agar pembahasan berjalan dengan lancar dan mengedepankan skala prioritas dan kemaslahatan rakyat Kaltim,” tuturnya.(adv/hms4/hms7)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved