Ibu Kota Negara

Progres Jalan Lingkar Sepaku yang merupakan Akses Utama ke IKN Nusantara Kaltim yang sedang DIbangun

Progres jalan lingkar Sepaku yang merupakan akses utama IKN Nusantara Kaltim yang saat ini sedang dibangun.

Dok. Kementerian PUPR
Pembangunan Jalan Lingkar Sepaku yang merupakan jalan nasional dan menjadi akses utama menuju IKN. Progres jalan lingkar Sepaku yang merupakan akses utama IKN Nusantara Kaltim yang saat ini sedang dibangun. 

TRIBUNKALTIM.CO - Progres Jalan Lingkar Sepaku yang merupakan akses utama menuju Ibu Kota Nusantara ( IKN ) Kalimantan Timur ( Kaltim ). 

Diketahui Jalan Lingkar Sepaku merupakan akses utama menuju IKN Nusantara Kaltim.

Selain itu, Jalan Lingkar Sepaku juga merupakan bagian dari infrastruktur dasar IKN.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) Basuki Hadimuljono, pembangunan IKN sudah memasuki fase land development atau pemetaan lahan.

Dalam rilis pers, Rabu (24/8/2022) Menteri PUPR mengatakan, "Setelah pemetaan lahan, pemerintah akan memulai pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan tol dan jalan nasional yang menjadi akses utama ke IKN Nusantara."

Saat ini, pembangunan Jalan Lingkar Sepaku yang sedang berlangsung ialah segmen 1 hingga segmen 3, yang terbagi dalam tiga paket dengan APBN total Rp 103,772 miliar.

Progres fisik pembangunan ketiga segmen Jalan Lingkar Sepaku tersebut rata-rata sudah mencapai 77 persen.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kaltim Junaidi mengatakan, panjang keseluruhan jalan yang dibiayai melalui APBN itu sekitar 2,91 kilometer.

Baca juga: Euforia IKN Nusantara, Daerah Tetangga Kaltim Siapkan Ternak Hingga Pariwisata

Junaidi mengatakan, "Pembangunan jalan lingkar Sepaku segmen 1 sepanjang 0,75 kilometer, lalu pembangunan jalan lingkar Sepaku segmen 2 sepanjang 1,04 kilometer, dan pembangunan jalan lingkar Sepaku segmen 3, panjangnya 1,12 kilometer." 

Pembangunan Jalan Lingkar Sepaku IKN Nusantara Kaltim segmen 1 hingga 3 dilaksanakan melalui skema Multi Year Contract (MYC) lanjutan.

Dikutip TribunKaltim.co dari kompas.com, untuk pelaksanaan pekerjaan Jalan Lingkar Sepaku segmen I oleh PT Prampus Inti Puspita dengan nilai kontrak kegiatannya senilai Rp 46,693 miliar.

Kemudian, pembangunan Jalan Lingkar Sepaku segmen 2, dikerjakan PT Duta Mega Perkasa senilai Rp 48,021 miliar.

Selanjutnya, pembangunan Jalan Lingkar Sepaku segmen 3 dikerjakan PT Cipta Artha Borneo dengan anggaran sebesar Rp 44,8 miliar.

Menurut Junaidi, pembangunan Jalan Lingkar Sepaku akan berlanjut pada segmen 4.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved