Ekonomi dan Bisnis

Faisal Basri soal Harga BBM, Indonesia mesti Contoh Timor Leste, Norwegia hingga Denmark

Ekonom ternama di Indonesia, Faisal Basri merasa setuju jika pemerintah mencabut subsidi bahan bakar minyak. 

Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO
ILUSTRASI Mobil tanki BBM milik Pertamina. Faisal Basri mengajak Indonesia meniru negara tetangga, seperti Timor Leste dalam menentukan harga bahan bakar minyak.  

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Ekonom ternama di Indonesia, Faisal Basri merasa setuju jika pemerintah mencabut subsidi bahan bakar minyak

Bagi Faisal Basri, subsidi untuk bahan bakar minyak akan merugikan bangsa Indonesia sendiri, terutama bagi mereka yang hidup di masa mendatang. 

Menurutnya, pencabutan subsidi bahan bakar minyak berarti memikirkan generasi muda yang mendatang, ada visi jauh ke depan, memberikan warisan kepada anak cucu bangsa Indonesia

Kali ini, Faisal Basri mengajak Indonesia meniru negara tetangga, seperti Timor Leste dalam menentukan harga bahan bakar minyak. 

Baca juga: Harga BBM Terbaru Hari Ini, Pertamax Turbo Turun, Cek untuk Kaltim, Jakarta dan Jawa Barat

Ia menyebut negara itu memiliki harga BBM yang lebih tinggi dari Indonesia meski berstatus sebagai produsen dan eksportir.

"Dia (Timor Leste,red) tidak mau kasih subsidi suka-suka kayak pemerintah. Mereka sisihkan 30 persen dari pendapatan minyaknya itu dalam bentuk dana minyak untuk biaya sekolah, bangun insfrastruktur, energi terbarukan, energi solar dan sebagainya," terangnya.

Selain Timor Leste, Faisal juga memberi contoh negara lain yang bijaksana dalam mengamankan cadangan minyaknya seperti Norwegia hingga Denmark.

"Jadi saya berharap kalian cerewet lah untuk memperjuangkan hak masa depan kalian (generasi milenial dan z)," jelasnya.

Mencekik Keuangan Pemerintah

Harga minyak dunia dunia masih cukup tinggi semakin mencekik keuangan pemerintah yang terus memberikan subsidi.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved