Berita Internasional Terkini

Ukraina Buat Stok Senjata Uni Eropa Menipis, Rusia Justru Bakal Dapat Roket dari Korea Utara

Bantuan untuk Ukraina membuat senjata negara-negara Uni Eropa semakin menipis, kini justru Rusia yang bakal dapat kiriman dari Korea Utara.

SERGEY BOBOK / AFP
Sebuah apartemen terkena serangan rudal di Kharkiv, pada 6 September 2022, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. Terbaru, Rusia dikabarkan bakal dapat kiriman roket dari Korea Utara, sementara Uni Eropa dikabarkan stop senjatanya makin menipis gara-gara memberikan bantuan ke Ukraina. (SERGEY BOBOK / AFP) 

TRIBUNKALTIM.CO - Gara-gara terus memberikan bantuan persenjataan kepada Ukraina untuk melawan Rusia, negara-negara Uni Eropa (UE) dikabarkan hampir kehabisan senjata, sementara Vladimir Putin dikabarkan bakal mendatangkan roket dari Korea Utara.

Di tengah perang yang masih berkecamuk di Ukraina, Rusia bakal mendatangkan sejumlah senjata canggih dari Korea Utara, salah satunya roket jarak pendek.

Kondisi kedekatan Rusia dengan Korea Utara itu membuat Amerika Serikat merespon, akankah ada tambahan bantuan senjata untuk Ukraina?

Ya, perang semakin panas yang melibatkan banyak negara, namun Rusia diprediksi tetap bisa memegang kendali perang atas Ukraina, walaupun digempur kecaman dan sanksi dari banyak negara.

Terkait dengan senjata canggih dari Korea Utara untuk Rusia, hal tersebut diungkapkan oleh intelijen Amerika Serikat.

Prajurit Ukraina bekerja di dalam meriam 155 mm self-propelled tracked Krab Polandia pada posisi di garis depan di wilayah Donetsk pada 29 Agustus 2022, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. Kini, Ukraina berhasil melakukan serangan balik berkat persenjataan dari Amerika Serikat, namun Jerman memperingatkan agar tak meremehkan Rusia. (ANATOLII STEPANOV / AFP)
Prajurit Ukraina bekerja di dalam meriam 155 mm self-propelled tracked Krab Polandia pada posisi di garis depan di wilayah Donetsk pada 29 Agustus 2022, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. Kini, Ukraina berhasil melakukan serangan balik berkat persenjataan dari Amerika Serikat, namun Jerman memperingatkan agar tak meremehkan Rusia. (ANATOLII STEPANOV / AFP) (ANATOLII STEPANOV / AFP)

Dikutip dari The New York Times, laporan terkait hal tersebut memberikan sedikit detail apa saja yang Rusia beli dari Korea Utara.

Di luar roket jarak pendek dan peluru artileri, Rusia diperkirakan akan mencoba membeli peralatan tambahan dari Korea Utara di masa depan.

Langkah Rusia untuk membeli persenjataan dari Korea Utara menunjukkan bahwa “militer Rusia terus menderita kekurangan pasokan yang parah di Ukraina, sebagian karena kontrol dan sanksi ekspor,” kata seorang pejabat AS.

Baca juga: Belum Usai Serangan di Ukraina, Rusia Kembali Meluncurkan Invasi di Eropa Timur yang Mengerikan

Baca juga: Di Tengah Kecaman dan Sanksi Akibat Perang di Ukraina, Rusia Justru Dipuji Presiden Turki Erdogan

Rusia telah memperdalam hubungan dengan negara-negara termasuk Korea Utara dan Iran sejak invasinya ke Ukraina.

Dikutip dari Al Jazeera, hubungan tersebut mengundang kecaman dan sanksi internasional yang membuat Rusia semakin sulit untuk menjaga pasokan senjata dan peralatan militernya.

AS sebelumnya mengatakan bahwa Moskow telah membeli drone dari Iran, yang tidak ikut mengecam Rusia, malah menyalahkan ekspansi NATO di Eropa Timur sebagai akar penyebab konflik.

Pada bulan Juli, Ukraina memutuskan hubungan dengan Korea Utara setelah diketahui bahwa Pyongyang telah bergabung dengan Rusia dan Suriah untuk mengakui kemerdekaan dua republik yang memproklamirkan diri di Ukraina timur.

Akibat sanksi yang diterima Rusia dari Barat, membuat Presiden Vladimir Putin justru memilih menjalin kerjasama dengan negara-negara Timur.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan, di tengah putusnya dengan negara Barat, Rusia masih berhasil menjaga stabilitas makroekonomi.

Baca juga: Klaim Terbaru Zelensky, Pasukan Ukraina Rebut 3 Wilayah yang Dicaplok Tentara Rusia

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved