Berita Balikpapan Terkini

Korban Kebakaran di Margasari Balikpapan Dapat Bantuan BSTT dari BPBD

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Balikpapan akan melakukan verifikasi lapangan di lokasi kebakaran Jalan Pandansari, Kelurahan Margasari,

Penulis: Ardiana | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/ARDIANA KINAN
Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD, Muhammad Hakim di depan Posko Utama kebakaran di Jalan Pandasari, Kelurahan Margasari, Balikpapan. TRIBUNKALTIM.CO/ARDIANA KINAN 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Balikpapan akan melakukan verifikasi lapangan di lokasi kebakaran Jalan Pandansari, Kelurahan Margasari, Balikpapan.

Selain itu, pihaknya juga akan mengajukan Bangunan Sensus Tempat Tinggal (BSTT) sementara untuk para korban, Kamis (8/9/2022).

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD, Muhammad Hakim.

Pihaknya bersama tim dari Dinas Sosial, hingga Bintara Pembinas Desa (Babinsa) TNI AD melakukan verifikasi terkait kerusakan dan korban personal.

"Insya Allah dari BPBD akan melakukan verifikasi lapangan bersama tim dari Dinas Sosial, Kecamatan, Kelurahan, didampingi oleh Babinsa, serta dari ketua RT 18 dan RT 20 Kelurahan Margasari. Yang dilakukan adalah verifikasi lapangan korban bencana kerusakan dan korban-korban personal," ucapnya.

Baca juga: Selidiki Penyebab Kebakaran di Pandansari Balikpapan, Polisi Sudah Periksa Tiga Saksi

Setelah hasil verifikasi tersebut didapatkan, pihak BPBD akan mengajukan bantuan BSTT berupa hunian sementara untuk pemilik tempat dan penghungi.

Bantuan tersebut khusus masyarakat yang memiliki KTP Balikpapan.

"Syarat utamanya adalah harus berpenduduk atau KTP Balikpapan. Jika dia sifatnya penyewa atau ngekos, didaerah tempat korban kebakaran tapi bukan KTP Balikpapan, berdasarkan aturan yang ada, tidak bisa dibantu," jelasnya.

Bantuan BSTT tersebut berupa uang sewa , dengan berbagai variasi yang disesuaikan kerusakan bangunan, berkisar Rp 500 ribu sampai Rp 750 ribu perwali, dengan jangka waktu 3 bulan, 6 bulan bahkan setahun yang dinilai dari tingkat kerusakannya.

Tak hanya itu, bantuan juga diberikan kepada anak-anak korban berupa kebutuhan sekolahnya.

Baca juga: Dinkes Kota Balikpapan Bangun Posko Kesehatan di Sekitar Lokasi Kebakaran Pandansari

Hingga saat ini pihak BPBD terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait hingga pengamanan posko bencana.

"Saat ini kami memberikan bantuan berupa pengamanan posko, dan mengkoordinasi ke dinas-dinas teknis seperti DLH untuk penyediaan WC portabel. Dan juga kita menyiapkan kebutuhan kebutuhan masyarakat dan mengkoordinasikan ke lurah, camat dan instansi lainnya," ucapnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved