Berita Balikpapan Terkini

Dandim Balikpapan Sebut Pernyataan Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon Mendiskreditkan TNI

Reaksi Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon terkait momentum perselisihan antara petinggi TNI justru menuai kontra, khususnya dari keluarga besar TNI

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Dandim 0905 Balikpapan, Kolonel Inf Faisal Rizal mengutarakan sikapnya mengenai pernyataan dari Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon, Senin (12/9/2022). TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Reaksi Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon terkait momentum perselisihan antara petinggi TNI justru menuai kontra, khususnya dari keluarga besar TNI di Balikpapan, baik di lintas satuan maupun di lingkaran purnawirawan.

Di mana Effendi Simbolon sempat melayangkan pernyataan yang menyimpulkan adanya ketidakharmonisan antara Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

Ketua DPC Perhimpunan Purnawirman TNI dan Polri (Pepabri), Azwardy mengatakan bahwa pernyataan tersebut sama artinya dengan membuka celah keretakan internal.

"Selaku keluarga besar TNI tentunya tidak menerima pernyataan yang duduk di Senayan sana. Saya tidak mau menyebut namanya," ucapnya, Senin (12/9/2022).

Dia berharap, tidak ada pernyataan serupa yang menyudutkan TNI. Pasalnya, menurut dia, tidak ada perpecahan yang ada di dalam lingkup TNI.

Baca juga: PBNU Pastikan tak Ada Keretakan Antara Panglima TNI Andika Perkasa dan KSAD Dudung Abdurrachman

Sementara itu, Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Inf Faisal Rizal turut menolak keras pernyataan yang diutarakan oleh Effendi Simbolon.

Menurutnya, pernyataan tersebut dinilai akan melukai citra dan marwah TNI sebagai alat pertahanan negara.

"Kami menolak pernyataan saudara Effendi Simbolon. Kami menolak pernyataan yang mendiskreditkan TNI sebagai organisasi gerombolan maupun mengadu domba antara pimpinan TNI," tuturnya, Selasa (12/9/2022).

Dia menambahkan, sebagai Anggota Komisi I DPR RI, Effendi seyogyanya turut andil dalam mengentaskan persoalan yang dihadapi oleh TNI.

Khususnya, kata Faisal, menyangkut anggaran yang diperlukan untuk memperkuat TNI dan menyejahterakan prajurit.

Baca juga: Isu Hubungan Tak Harmonis Andika Perkasa dan Dudung Dibahas Komisi I DPR, Panglima TNI Angkat Bicara

"Bagaimana Komisi I mendukung anggaran yang diperlukan dalam rangka memperkuat TNI sebagai alat pertahanan negara dan memperjuangkan kesejahteraan prajurit. Bukan malah mengadu domba antara pimpinan TNI," ujarnya.

Ia menegaskan, tidak ada perpecahan dalam tubuh instansi TNI. Pihaknya tetap dalam satu rantai komando dengan pimpinan TNI.

"Bahwa TNI yang berada di Kota Balikpapan sebagai penyangga IKN dan gerbang negara, tetap solid dan tegak lurus melaksanakan komando dari pimpinan kami," ucapnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved