Travel

Tarif Angkot Rute Paser-Penajam Rp 70 Ribu per Orang

Minibus jenis Colt L300 dengan trayek Kabupaten Paser menuju Penajam Paser Utara (PPU) naik Rp 10 ribu, Rabu (14/9/2022)

Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Salah satu mobil angkutan jenis Colt L300 yang beroperasi di Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Akibat kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) membuat pengusaha angkutan di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, menyesuaikan tarif angkutannya.

Tarif angkutan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) dengan menggunakan minibus jenis Colt L300 dengan trayek Kabupaten Paser menuju Penajam Paser Utara (PPU) naik Rp 10 ribu, Rabu (14/9/2022).

Sebelum kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM, tarif angkutan Paser-PPU senilai Rp 60 ribu per penumpang.

Namun sekarang naik menjadi Rp 70 ribu untuk sekali perjalanan.

Baca juga: Meski Harga BBM Naik, Tarif Kapal Pelni Kota Balikpapan Masih Normal

"Ada kenaikan tarif Rp 10 ribu, jadi ongkos dari Terminal Paser ke Penajam saat ini yaitu Rp 70 ribu," kata salah satu pengurus Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (SPTI) Kabupaten Paser, Ali Topan di Terminal KM7, Desa Janju, Kecamatan Tanah Grogot.

Dijelaskan, jika tidak ada penyesuaian tarif maka dipastikan sopir angkutan bakal mengalami kerugian bahkan tak bisa menutupi biaya pengeluaran.

Sejak awal kenaikan harga BBM, kata Ali sopir angkutan mengambil ancang-ancang untuk menaikkan tarif angkutan.

"Tidak langsung dinaikkan harganya, naiknya harga angkutan itu pada 12 September 2022 setelah ada pembahasan sesama sopir," bebernya.

Baca juga: Tarif Angkot di Penajam Paser Utara Bakal Naik, Efek Harga BBM Meroket

Hanya saja, kenaikan tarif angkutan tersebut masih bersifat sementara sembari menunggu keputusan resmi dari pemerintah daerah.

"Jadi tarif Rp70 ribu itu merupakan kesepakatan kita bersama sesama sopir, karena sampai sekarang juga belum ada keputusan resmi dari Pemda," jelas Ali.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved