IKN Nusantara

Terbaik di Asia, Menpora Serahkan Rancangan Training Center Timnas di IKN Nusantara

Terbaik di Asia, Menpora serahkan rancangan Training Center Timnas Indonesia di IKN Nusantara

Penulis: Rafan Arif Dwinanto | Editor: Djohan Nur

TRIBUNKALTIM.CO - Training Center Timnas Indonesia yang akan dibangun di Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara, digadang jadi yang terbaik di Asia.

Sederet fasilitas canggih yang diperlukan untuk meningkatkan level pesepakbola Tanah Air, tersedia di Training Center ini.

Dilansir dari Kompas.com, Menpora Zainudin Amali mengatakan, pihaknya telah melaporkan rancangan pembangunan pusat pelatihan sepak bola di Ibu Kota Nusantara kepada Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, rancangan tersebut saat ini sedang dipertimbangkan oleh pihak Sekretariat Presiden.

"Bagaimana rancangan dan sebagainya, saya sudah sampaikan melalui surat kami. Sudah disampaikan kepada Sekretariat Presiden dan itu sedang dipertimbangkan, tentu ya, tetapi kita menunggu saja," ujar Amali di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (21/9/2022).

"Nanti kalau (rancangan) itu oke, yang mengerjakan bukan kita, bukan PSSI tetapi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR)," lanjutnya.

Amali mengungkapkan, detail rancangan yang disampaikan antara lain bentuk lapangan, bentuk venue utama hingga kemungkinan pembangunan kantor PSSI di IKN Nusantara.

"Karena kalau (ibu kota) kita pindah ke IKN maka ketentuan federasi (sepak bola) internasional itu bahwa federasi nasional itu harus ada di ibu kota negara," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo berencana membangun pusat pelatihan sepak bola atau training center di IKN.

Hal tersebut disampaikan presiden saat menerima Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan di Istana Merdeka, Jakarta pada 3 Agustus 2022.

"Bapak Presiden setelah melihat perkembangan sepak bola nasional makin baik, maka beliau memberikan arahan kepada saya dan Ketua Umum PSSI segera akan membangunkan training camp sepak bola kita, di situ semuanya sudah lengkap, dan akan dilakukan di Ibu Kota Nusantara, ibu kota negara yang baru," ujar Zainudin dalam keterangannya usai pertemuan.

Dia melanjutkan, selain pusat pelatihan sepak bola, pemerintah akan membangun berbagai fasilitas olahraga lainnya di IKN.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik gagasan Presiden Jokowi yang ingin membangun pusat pelatihan sepak bola di IKN Nusantara.

Menurutnya hal tersebut merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat di Tanah Air.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved