Berita Kukar Terkini

Berpotensi Hasilkan PAD Besar, DPRD Kukar Minta Wisata Pulau Kumala Dikemas Lebih Menarik

Ketua Komisi II DPRD Kutai Kartanegara, Sopan Sopian mengungkapkan, destinasi wisata Pulau Kumala perlu dikemas lebih menarik lagi.

Penulis: Miftah Aulia Anggraini | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI
Ketua Komisi II DPRD Kutai Kartanegara, Sopan Sopian. (TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI) 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Ketua Komisi II DPRD Kutai Kartanegara, Sopan Sopian mengungkapkan, destinasi wisata Pulau Kumala perlu dikemas lebih menarik lagi.

Setidaknya ada inovasi-inovasi baru dan berbeda supaya wisatawan terpanggil berkunjung. Jika perlu, Dinas Pariwisata melakukan studi banding ke daerah lain.

"Perlu belajar dari luar agar bisa menjadi tempat yang tidak membosankan. Ada pembaruan wahana wisata agar lebih menarik, baik dari lokal maupun luar," ujarnya, Rabu (5/10/2022).

Setelah dua tahun ditutup akibat Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab Kukar) akhirnya membuka kembali Pulau Kumala pada tanggal 1 September 2022.

Baca juga: Rencana Revitaliasi Pulau Kumala Kukar, Benahi Wahana Wisata dan Drainase

Pulau Kumala menjadi salah satu obyek wisata di Tenggarong, Kukar yang sering dikunjungi wisatawan dari berbagai kabupaten/kota di Kalimantan Timur (Kaltim).

Pemikat destinasi wisata yang telah berdiri selama 20 tahun ini ialah, karena lokasinya yang berada ditengah-tengah Sungai Mahakam.

Menuju ke Pulau Kumala tak lagi menyebrang mengunakan kapal, cukup berjalan kaki melewati jembatan Repo-repo. Selain menjadi akses penghubung, bisa menjadi tempat foto selfie.

Baca juga: Jadwal dan Lokasi Vaksin Booster di Kukar Hari Ini, Rabu 5 Oktober 2022

Dinas Pariwisata Kukar telah membenahi dan memperbaiki sejumlah wahana yang rusak sehingga dapat digunakan kembali.

Lambat laun, destinasi ini diyakini bisa menjadi potensi untuk menyumba pendapatan asli daerah (PAD) Kukar dari sektor wisata, jika dimaksimalkan.

"Minimal untuk pariwisata bisa memberikan pendapatan asli daerah yang signifikan untuk daerah," kata Politisi Partai Gerindra ini.

Baca juga: Bagaimana Cuaca Hari Ini Kukar, Rabu 5 Oktober 2022, Tenggarong Bakal Diguyur Hujan

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Kukar melalui Dinas Pariwisata harus melihat peluang besar ini, dan memberikan perhatian lebih untuk mendukung destinasi wisata.

Sebab, bukan hanya menghasilkan pendapat asli daerah. Namun, akan berdampak juga terhadap peningkatan ekonomi masyarakat disekitar wisata tersebut. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved