Mata Lokal Memilih

Ridwan Kamil Ungguli Anies, Sandiaga Uno dan AHY, Survei Tokoh yang Banyak Dukungan Maju Cagub DKI

Nama Ridwan Kamil ungguli Anies, Sandiaga Uno dan AHY dalam survei tokoh yang paling banyak didukung untuk maju cagub DKI Jakarta periode 2024-202

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menerima hasil panen dari para petani yang tergabung dalam Asosiasi Pengelola Perhutanan Sosial Indonesia (AP2SI) Jawa Barat saat menemui mereka yang sedang menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (26/9/2022) lalu. Nama Ridwan Kamil ungguli Anies, Sandiaga Uno dan AHY dalam survei tokoh yang paling banyak didukung untuk maju cagub DKI Jakarta periode 2024-202 

TRIBUNKALTIM.CO - Hasil survei terbaru dari Populi Center, Ridwan Kamil mengungguli Anies Baswedan, Sandiaga Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai tokoh yang paling banyak didukung untuk maju cagub DKI Jakarta

Dari survei terbaru Populi Center, Ridwan Kamil yang masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat ini paling banyak didukung untuk maju sabagai calon gubernur ( cagub ) DKI Jakarta tahun 2024 mendatang.

Dukungan responden untuk Ridwan Kamil lebih tinggi dibandingkan untuk Sandiaga Uno yang mantan Wagub DKI Jakarta dan kini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, juga Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ).

Bahkan perolehan suara responden untuk Ridwan Kamil masih di atas Anies Baswedan yang baru saja menyelesaikan masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Dalam keterangannya, Jumat (21/10/2022) Peneliti Populi Center Dimas Ramadhan mengatakan, "Berkaitan dengan masa depan kepemimpinan DKI Jakarta, dari 24 tokoh yang ditanyakan secara terpisah (pertanyaan tertutup), nama Ridwan Kamil mendapat dukungan paling tinggi untuk maju sebagai  calon Gubernur DKI Jakarta tahun 2024," 

Dimas Ramadhan menjelaskan survei mengenai masa depan kepemimpinan DKI Jakarta selanjutnya itu menampilkan nama-nama sejumlah tokoh yang memperoleh dukungan besar apabila maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta.

Ada sejumlah nama yang masuk, di antaranya yaitu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil; dan mantan Wakil Gubernur DKI yang kini menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Ada juga mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Baca juga: Kenalkan Ridwan Kamil pada Jokowi, Ketum Golkar Airlangga: Masih Pakai Batik, tapi Nuansanya Kuning

Hasilnya, terdapat 69,7 persen responden warga memilih Ridwan Kamil untuk memimpin Jakarta periode 2024-2029.

"Diikuti Sandiaga Salahuddin Uno sebesar 67,7 persen; Anies Baswedan 66,2 persen; dan Agus Harimurti Yudhoyono 55 persen," jelas Dimas, seperti dikutip TribunKaltim.co dari kompas.com

Adapun nama-nama lainnya yang tercantum dalam 24 tokoh yang diusulkan hanya mendapatkan dukungan di bawah 50 persen.

Untuk diketahui, Populi Center menyelenggarakan survei ini di Provinsi DKI Jakarta mulai 9 hingga 16 Oktober 2022 dengan sampel responden tersebar secara proporsional di 60 kelurahan di Provinsi DKI Jakarta.

Metode pengambilan data dalam survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka terhadap 600 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error (MoE) +- 4 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Survei dilakukan dengan menggunakan pendanaan internal," kata Dimas.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved