Berita Balikpapan Terkini

Kadisdikbud Kota Balikpapan Serahkan Perlengkapan Alat Tulis, Komitmen SKB Alokasikan Anggaran BOP

Penyediaan alat tulis dan perlengkapan sekolah bagi peserta didik merupakan komitmen dari SKB, dalam mengalokasikan anggara BOP.

Penulis: Ary Nindita Intan R S | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/ARY NINDITA
enyerahan Simbolis Alat Tulis dan Perlengkapan Belajar Kepada Peserta Didik Kesetaraan. (TRIBUNKALTIM.CO/ARY NINDITA) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Penyediaan alat tulis dan perlengkapan sekolah bagi peserta didik merupakan komitmen dari SKB, dalam mengalokasikan anggaran Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk mendapatkan alat tulis dan perlengkapan sekolah.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud); Purnomo, turut berperan dalam penyerahan simbolis alat tulis dan perlengkapan belajar kepada peserta didik kesetaraan.

Hal ini bersamaan dengan Puncak peringatan Hari Aksara Nasional bertajuk Expo Satuan Pendidikan Nonformal, yang diselenggarakan di BSSC Dome Kota Balikpapan pada Kamis (3/11/2022).

Baca juga: Pria di Balikpapan Kedapatan Punya 46 Pil Koplo, Dijual Eceran di Daerah Pasar Baru

"Penyerahan ini merupakan bentuk simbolis terhadap peserta didik yang ada di SKB, semua peserta didik yang ada di SKB mendapatkan alat tulis dan perlengkapan sekolah tanpa terkecuali," kata Siti selaku ketua SKB.

"Hal-hal yang seperti ini harus terus berlanjut, karena kita punya prinsip menjangkau yang tidak terjangkau dan melayani yang tidak terlayani peserta didik kesetaraan yang ada di kota Balikpapan," imbuhnya.

Tidak hanya dari masyarakat umum, diungkapkan oleh Siti, SKB juga dapat menampung peserta didik dari siswa-siswi Pondok Pesantren, para penghafal Alquran.

Baca juga: Jadi Penyangga Utama IKN Nusantara, Balikpapan Jaga Kelestarian 2 Hutan Lindung

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud); Purnomo mengatakan, adanya fasilitas tutor kunjung yang dapat memudahkan para anak-anak yang memiliki kendala dalam kehadiran.

"Kita fasilitasi juga dengan adanya tutor kunjung, itu yang akan datang ke spot-spot, komunitas-komunitas mereka yang anak-anaknya tidak bisa berada di pagi hari," ungkapnya.

"Atau tertunjuk kita yang datang ke sana memberikan pembelajaran, sesuai dengan posisi mereka pada saat itu misalnya, pada Paket A berupa SD, Paket B SMP, atau paket C SMA," tukasnya.

Baca juga: Cuaca Balikpapan Besok, Sepanjang Hari dari Pagi hingga Tengah Malam Bakal Cerah

Purnomo menuturkan, dengan adanya sekolah non formal dapat membantu anak yang putus sekolah, untuk meraih cita-cita dimasa depan.

"Kondisi pendidikan formal itu tidak cukup atau tidak semua masyarakat bisa, dengan adanya sekolah non formal yang pengelolaannya atau pelaksanaannya tidak kalah dengan pendidikan formal, bisa membantu mereka meraih cita-cita dimasa depan," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved