Berita Balikpapan Terkini

Melonggarkan Daya Tampung di Rutan Balikpapan

Kepala Rutan Balikpapan Agus Salim mengatakan puluhan warga binaan mendapat pembebasan bersyarat sejak aturan itu diberlakukan di Rutan, Balikpapan

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Kepala Rutan Balikpapan, Agus Salim, menyatakan, ada ketentuan baru ini dinilai sangat efektif karena 20 warga binaan telah dibebaskan dari Rutan Balikpapan dalam waktu empat hari pelaksanaannya. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Aturan baru tentang remisi, pembebasan bersyarat dan asimilasi dinilai efektif untuk mengurangi beban kapasitas Rutan Kelas IIA Balikpapan.

Kepala Rutan Balikpapan Agus Salim mengatakan puluhan warga binaan mendapat pembebasan bersyarat sejak aturan itu diberlakukan di Rutan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur

Rutan Balikpapan tersebut saat ini memiliki lebih dari seribu warga binaan yang 80 persen diantaranya merupakan narapidana kasus narkotika.

Pembebasan bersyarat, remisi, dan asimilasi hanya diberikan untuk narapidana narkoba dengan hukuman lebih dari lima tahun.

Baca juga: Rutan Balikpapan Usulkan 288 Warga Binaan Pemasyarakatan dapat Remisi di Hari Kemerdekaan RI

“Itu pun napi masih harus memenuhi syarat telah menjalani 2/3 masa hukuman dari vonis,” ungkap Agus.

“Alhamdulillah untuk mengurangi over kapasitas, jadi PP 99 bagi warga binaan kasus narkoba sudah diberlakukan sama dengan pidana umum lainnya," katanya.

"Jadi setelah 2/3 masa hukuman, napi bisa diberikan hak pemberbasan bersyarat,” paparnya.

Ketentuan baru ini dinilai sangat efektif karena 20 warga binaan telah dibebaskan dari Rutan Balikpapan dalam waktu empat hari pelaksanaannya.

Baca juga: Pastikan Kondusif di Tengah Covid-19, Tim Patroli Brimob Polda Kaltim Sambangi Rutan Balikpapan

Bahkan kata Agus, sudah ada beberapa yang pegang SK. Namun belum dikeluarkan karena masih menjalani pidana subsider. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved