IKN Nusantara

Mulai Bulan Ini, Badan Otorita IKN Nusantara Resmi Berkantor di Balikpapan

Mulai bulan ini, Badan Otorita IKN Nusantara resmi berkantor di Balikpapan

Penulis: Rafan Arif Dwinanto | Editor: Faizal Amir

TRIBUNKALTIM.CO - Badan Otorita IKN akan berkantor di Balikpapan, Kalimantan Timur mulai akhir November 2022.

Dilansir dari Kompas.com, hal tersebut disampaikan Staf Ahli Hubungan Kelembagaan Bappenas sekaligus Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Hukum dan Kelembagaan Pemindahan IKN Kementerian PPN/Bappenas, Diani Sadiawati dalam sosialisasi IKN Nusantara secara virtual, Selasa (22/11/2022).

"Alhamdulillah akhir bulan ini sudah ada kantor di Balikpapan, kantor otorita IKN Nusantara resmi berkantor di Balikpapan, mudah-mudahan akan segera di-launching oleh Kepala Otorita IKN Nusantara," kata Diani.

Diani mengatakan, keberadaan kantor Kepala Otorita IKN Nusantara di Balikpapan ini diharapkan dapat mempermudah komunikasi antar pihak terkait Ibu Kota Nusantara.

Ia mengatakan, tata kerja Otorita IKN Nusantara akan semakin baik dengan diangkatnya 5 deputi.

"Untuk itu dan diharapkan akhir tahun 2022 otorita dapat beroperasional," ujarnya.

Lebih lanjut, Diani mengatakan, pengelolaan IKN Nusantara paling unik di dunia karena Otorita IKN merupakan lembaga setingkat l kementerian, namun juga sebagai pemerintah daerah khusus.

Ia juga mengatakan, otorita IKN Nusantara mempunyai anggaran pendapatan dan belanja yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar 20 persen atau Rp 446 triliun.

"Dan sisanya memang diminta pada otorita IKN mencari sumber-sumber lain dari hasil kerja sama KPBU dengan swasta dan semuanya ini dalam pembangunan harus mengacu pada rencana induk tentunya," ucap dia.

Sebelumnya, dalam rangka pembangunan kota berkelanjutan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, pemerintah Jepang akan melakukan survei ke lokasi pada akhir November 2022.

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata (MLIT) Jepang Mizushima usai melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji pada Rabu (16/11/2022), di Bali.

Menurut Mizushima, pemerintah Jepang memang memiliki ketertarikan yang besar terhadap proyek pembangunan IKN.

Berdasarkan permohonan Menteri MLIT, Japan International Cooperation Agency (JICA) telah mengajukan surat kepada Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga.

Surat tersebut berisi permohonan untuk melakukan survei di IKN pada akhir biulan November ini.

"Melalui survei ini, kami ingin bertukar pendapat secara aktif dengan Indonesia terkait pembangunan kota berkelanjutan di IKN," ujar Wakil Menteri Mizushima.

Sementara itu, Menteri Basuki menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Jepang yang sudah berpartisipasi membantu proyek IKN.

"Terima kasih kepada Pemerintah Jepang khususnya MLIT dan JICA yang telah membantu kami dengan mengirimkan beberapa tenaga ahli, terutama untuk supervisi pembangunan infrastruktur IKN yang sedang berlangsung," kata Menteri Basuki. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved