Amalan dan Doa

Bacaan Doa Agar Terhindar dari Rasa Malas, Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Bacaan Doa Agar Terhindar dari Rasa Malas, Bahasa Arab, Latin dan Artinya, bisa bunda amalkan

Editor: Nur Pratama
Freepik
Ilustrasi Berdoa. 

TRIBUNKALTIM.CO - Bacaan doa agar terhindar dari rasa malas.

Rasa malas membuat rutinitas sehari-hari membuat aktivitas terganggu, sebab malas salah-satu terhambatnya seseorang untuk melangkah ke masa depan.

Bahkan rasa malas bisa terjadi kapan pun, sehingga dapat menghambat nikmat dan waktu, akibat dari rasa malas yang datang.

Sebagaimana yang terkandung dalam hadist bukhari, Rasulullah mengingatkan nikmat manusia yang tertipu di dalamnya yakni:

“Dua nikmat yang banyak manusia tertipu di dalam keduanya, yaitu nikmat sehat dan waktu luang.” (HR.Bukhari)

Begitu juga rasa malas juga dipengaruhi oleh setan yang menggoda, serta timbulnya rasa malas dari diri sendiri.

Maka dari itu dalam Islam mengajarkan hendaknya berdoa ketika kita menghadapi rasa malas, supaya terhindar dari rasa malas.

Baca juga: Bacaan Doa Sebelum Berkendara Mobil atau Motor, Memohon Kepada Allah SWT Agar Selamat Sampai Tujuan

Berikut bacaan doa agar terhindar dari rasa malas.

Sebagaimana terkandung dalam hadis Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca doa:

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ، وَالْكَسَلِ، وَالْجُبْنِ، وَالْهَرَمِ، وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

Allaahumma innii a’uudzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhli, wa a’uudzu bika min ‘adzaabil qobri, wa min fitnatil mahyaa wal mamaati.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, pengecut/rasa takut, pikun/kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta fitnah/bencana kehidupan dan kematian.” (HR. Bukhari no. 6367 dan Muslim no. 2706)

Adapun Bacaan doa untuk berlindung dari kesusahan, kesedihan, lemas, hingga rasa malas yakni:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ


Allaahumma innii a’uudzu bika minal hammi wal hazani, wal ‘ajzi wal kasali, wal bukhli wal jubni, wa dhola’id-daini wa gholabatir-rijaal.


Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kesedihan, lemah dan malas, kikir dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang.”

Maka dari itu hendaknya kita harus membiasakan diri supaya tetap bersemangat, sehingga bisa melawan dari rasa malas yang dihadapi.

 

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Doa Agar Terhindar Dari Rasa Malas, Diajarkan Rasulullah SAW, Seringlah Membacanya Agar Bersemangat, 

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved