Dalam Rangka Hari Menanam Pohon Sedunia, PLN Berau Tanam 12.000 Pohon

PLN Berau menggelar kegiatan penanaman 12.000 pohon dalam rangka Hari Menanam Pohon Sedunia.

HO/PLN
Penananan pohon di Kampung Merasa dalam rangka Hari Menaman Pohon Sedunia. 

TRIBUNKALTIM.CO - PLN Berau menggelar kegiatan penanaman 12.000 pohon dalam rangka Hari Menanam Pohon Sedunia di Kampung Merasa, Kabupaten Berau.

Manager PLN UP3 Berau, Deny Setiawan menyampaikan, kegiatan yang diselenggarakan merupakan upaya PLN dalam mendukung pelestarian habitat keanekaragaman hayati.

Selain itu, sebagai implementasi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) prioritas berbasis SDGs tujuan nomor 13, yakni tindakan mengantisipasi perubahan Iklim dan nomor 15 dalam melestarikan dan memanfaatkan keanekaragaman hayati dan ekosistem secara berkelanjutan.

"Saat ini PLN terus bertekad untuk menyelaraskan pengembangan ketiga aspek yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan dalam penyediaan listrik kepada masyarakat, untuk itu PLN mengembangkan program TJSL sebagai wujud nyata dari tanggung jawab sosial perusahaan," jelasnya kepada Tribunkaltim.co, Senin (28/11/2022).

Baca juga: Pertama Kali di Kaltim, PLN UP3 Berau Hadirkan ALMA di Pelabuhan Teratai dan Tanjung Batu

Lanjutnya, hal itu sejalan dengan transformasi yang dilaksanakan dengan aspirasi "Green- Lean- Innovative dan Customer Focused" dan untuk mendukung transformasi tersebut PLN Peduli terhadap lingkungan.

Deny kembali menegaskan, adapun tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai tanggung jawab dan komitmen PLN turut serta dalam melestarikan alam.

Selain itu, menjadi program mitigasi global warning dalam Menciptakan program untuk capaian Sutainable Development Goal's (SDGs), sekaligus menjalin hubungan kemitraan dengan stakeholder dan Meningkatkan Corporat branding PLN.

"Apa yang dilaksanakan sekarang, menjadi kegiatan program TJSL menjadi angkaian kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 28 November 2022," tegasnya.

Baca juga: Percepat Penyalaan Listrik di Kampung Tabalar dan Ilir, PLN UP3 Berau Gencarkan Pemasangan Tiang

Pada peringatan HMPI 2022, penanaman dilakukan oleh PLN bersama stakeholder dipusatkan di Kabupaten Berau di dua lokasi.

Tepatnya di Bentang Hutan Lindung Labanan dan Sungai Bawan Labanan Kampung Merasa, di mana jumlah pohon ditanam terdiri dari 10.000 pohon produktif jenis buah-buahan seperti durian, rabutan, duku, lai, lahung, tarap, jengkol, pete dan lain-lain.

Untuk lokasi kedua di Kampung Tanjung Batu Kecamatan Derawan ditanam sebanyak 2.000 pohon mangrove.

"Kami berharap kegiatan menanam ini menjadi budaya kita semua karena banyak manfaat yang akan bisa kita peroleh seperti buahnya maupun udara lingkungan sekitar menjadi lebih bersih, sejuk, segar dan tanaman mangrove dapat mencegah terjadinya abrasi di pinggir pantai," harapnya.

Kemudian, Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UID Kaltimra, Efron Lumban Gaol mengatakan setelah penanaman itu, diharapkan masyarakat juga bisa ikut bertanggung jawab dalam pelestarian hutan di lingkungan sekitar.

"Ini kerja sama Stakeholder yang baik, semoga bisa dirawat hingga bermanfaat bagi anak cucu kita," tutupnya.

Baca juga: PLN UP3 Berau Kampanyekan Penggunaan Motor Listrik dengan Tokoh Terkini

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved