Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Musabaqah Tilawatil Quran Ke-43 Kukar Resmi Dimulai, Pemkab Siapkan Bonus untuk Pemenang MTQ

Bupati Kukar Edi Damansyah menjanjikan bonus bagi para pemenang MTQ baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Bupati Edi Damansyah didampingi para pejabat dan tokoh memukul beduk menandai dimulainya MTQ ke-43 Kukar di arena utama MTQ di Lapangan Sepak Bola Kecamatan Loa Kulu, Minggu (27/11/2022) malam. 

TRIBUNKALTIM.CO - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-43 Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) resmi dibuka Bupati Edi Damansyah.

Pembukaan ditandai pemukulan bedug di arena utama MTQ di Lapangan Sepak Bola Kecamatan Loa Kulu, Minggu (27/11/2022) malam.

Turut hadir Wakil Bupati Rendi Solihin, Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono, Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI Aji Muhammad Arifin, dan unsur Forum Koordinasi Pimpinna Daerah (Forkopimda) Kukar.

Baca juga: Peringatan HUT Ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional, Bupati: Ciptakan Pola Dinamis dan Menyenangkan

Acara dimulai dengan pemberian cendera mata berupa kopiah bermanik dari Camat Loa Kulu Adriansyah selaku tuan rumah MTQ kepada bupati Kukar, wakil bupati Kukar dan undangan lainnya.

Dilanjutkan tarian selamat datang diikuti dengan defile kafilah, kemudian penyerahan piala bergilir MTQ Kukar dari camat Tenggarong sebagai juara umum MTQ ke-42 kepada bupati Kukar untuk diperebutkan kembali.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, MTQ merupakan agenda tahunan yang telah menjadi tradisi dan melekat dalam kultur masyarakat khususnya di Kukar.

Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan bagi tuan rumah.

Pelaksanaan MTQ, lanjut Bupati Edi, merupakan bentuk penguatan iman dan takwa masyarakat, sekaligus ajang evaluasi pengembangan program Tilawati Quran pada program Gerakan Etam Mengaji (GEMA).

Baca juga: Wabup Kukar Hadiri Pertemuan Layanan Digital di UID

Bupati juga menjanjikan bonus bagi para pemenang MTQ baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

Menurutnya, untuk MTQ kabupaten, pemkab telah menyiapkan beasiswa Kukar Idaman (Beasiswa Tuntas) selama menempuh pendidikan.

Sedangkan untuk MTQ Tingkat Provinsi Kaltim bila menjadi juara umum lagi, maka yang mendapat juara pertama akan diberangkatkan umrah.

Khusus untuk juara pertama tingkat nasional akan diberikan apresiasi berupa rumah di Grand Teriti Tenggarong.

Pada kesempatan ini juga diserahkan penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kukar kepada Unit Pengelola Zakat (UPZ) terbaik dan istimewa serta Muzakki aktif 2022, serta penyerahan sejumlah bantuan lainnya. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved