Mata Lokal Memilih

Elektabilitas Anies Baswedan Melejit, Charta Politika: Kandidat Capres Mengerucut: Ganjar dan Anies

Elektabilitas Anies Baswedan lampaui Prabowo Subianto, Survei Charta Politika sebut kandidat capres akan mengerucut hanya 2 nama: Ganjar dan Anies

KOMPAS.com/ADHYASTA DIRGANTARA
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) dan bakal Capres 2024 Nasdem Anies Baswedan (kanan) saat menghadiri acara perayaan HUT Nasdem yang ke-11 di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022). Elektabilitas Anies Baswedan lampaui Prabowo Subianto, Survei Charta Politika sebut kandidat capres akan mengerucut hanya 2 nama: Ganjar dan Anies 

TRIBUNKALTIM.CO - Elektabilitas Anies Baswedan terus meningkat dan kini melampaui Prabowo Subianto, demikian hasil Survei Charta Politika.

Tak hanya itu, Survei Charta Politika juga menyebut kandidat capres nantinya mengerucut hanya 2 nama yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Tingkat elektabilitas Anies Baswedan naik setelah resmi dideklarasikan sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Survei terbaru Charta Politika mengenai kandidat calon presiden (capres) menempatkan Ganjar Pranowo sebagai tokoh dengan elektabilitas tertinggi.

Tingkat elektoral Gubernur Jawa Tengah itu mencapai 32,6 persen.

Baca juga: Pemilih Rasional Pilih Anies Baswedan Sebagai Capres, Perbedaan Karakter Pemilih Ganjar dan Prabowo

Kemudian, di urutan kedua ada mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang elektabilitasnya naik menjadi 23,1 persen. Anies berhasil menggeser Prabowo Subianto ke posisi ketiga.

Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra itu turun di angka 22,0 persen.

Setelah Ganjar Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan, persaingan kandidat capres ke depan tereduksi menjadi dua nama saja, yakni Ganjar dan Anies.

"Cenderung akan mengerucut bukan lagi berbicara mengenai tiga nama, spekulasi saya ini akan mengerucut kepada Ganjar dan Anies," kata Yunarto dalam tayangan YouTube Charta Politika Indonesia, Selasa (29/11/2022).

Seperti dilansir dari Kompas.com, meski sosok Prabowo masih banyak diminati, namun, kata Yunarto, data menunjukkan bahwa nama Ganjar dan Anies lebih mendominasi di berbagai wilayah.

Menurut Yunarto, situasi ini tak lepas dari sejarah Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 dan 2019 yang menghadap-hadapkan Jokowi dengan Prabowo.

Sosok Ganjar kini menjadi yang paling lekat dicitrakan sebagai penerus Jokowi.

Baca juga: Pesan Anies Baswedan di Penutupan Muktamar Al Irsyad: Jangan Bernostalgia dengan Masa Lalu

Sementara, figur yang identik dengan antitesa presiden bukan lagi Prabowo, melainkan Anies Baswedan.

Oleh karenanya, tak heran jika kini dukungan publik menguat ke Ganjar dan Anies, sementara Prabowo mulai terpinggirkan.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved