Bantu Warga Terdampak Gempa Cianjur, Berau Coal-Sinar Mas Peduli Salurkan Bantuan Logistik

Tim Kemanusiaan Berau Coal-Sinar Mas Peduli memberikan bantuan kepada warga terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

HO
Penyerahan simbolis bantuan logistik untuk korban gempa Cianjur oleh Tim Berau Coal-Sinar Mas Peduli melalui Posko Siaga Bencana ESDM. 

TRIBUNKALTIM.COSinar Mas Peduli yang tergabung dalam Tim Siaga Bencana Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan bantuan kepada warga terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Perusahaan yang memiliki operasi tambang batu bara di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, ini memang diketahui aktif dalam membantu kegiatan-kegiatan darurat kebencanaan, baik di daerah maupun di lingkup nasional.

Misalnya bencana gempa bumi di Palu, banjir di Samarinda, dan terakhir bencana erupsi Gunung Semeru.

Baca juga: Dukung Peningkatan Ekonomi UMKM, PT Berau Coal Salurkan 15 Booth di Teluk Bayur

Tim Kemanusiaan Berau Coal-Sinar Mas Peduli terdiri dari tim tanggap darurat (emergency response group), paramedis, dan tim logistik yang dalam misi kemanusiaan bersama lebih dari 23 perusahaan sektor energi dan sumber daya mineral ini melakukan aksi sosial terbaiknya untuk masyarakat.

Gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, dengan magnitudo (M) 5,6 pada Senin (21/11/2022) lalu menyebabkan banyaknya korban jiwa dan kerusakan.

Hal itu menyebabkan warga yang terdampak harus mengungsi dan beberapa lainnya kehilangan anggota keluarganya.

Di bawah koordinasi Badan SAR Nasional (Basarnas) dan Tim Siaga Bencana ESDM, Tim Berau Coal-Sinar Mas Peduli membantu proses pencarian dan penyelamatan (search and rescue–SAR) korban bencana gempa bumi di Cianjur, khususnya area-area yang terdampak parah seperti beberapa desa di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Atas upaya bersama dengan tim yang tergabung, proses SAR dapat menemukan korban-korban yang tertimbun dan terperangkap pasca gempa tersebut dan selanjutnya dilakukan evakuasi.

Baca juga: Jalin Silahturahmi, Manajemen Tribun Kaltim Temui PT Berau Coal

Emergency Response Group Manager PT Berau Coal, Andi Henry Achmad yang terjun langsung dalam misi kemanusiaan tersebut menyampaikan, tim saat ini turut membantu proses evakuasi dan pelayanan kesehatan bersama Basarnas, Polri, TNI, dan tim gabungan di bawah koordinasi Kementerian ESDM.

"Tim setiap harinya tergabung dalam USAR (Urban Search and Rescue) untuk membantu proses evakuasi di wilayah terdampak bencana. Tim sudah mulai beraktivitas dari pukul 05.30 pagi sampai dengan sore hari," ujarnya kepada Tribunkaltim.co, Kamis (1/12/2022).

Selain itu, tim Berau Coal- Sinar Mas Peduli juga melakukan pelayanan kesehatan berupa penyuluhan, pemberian obat-obatan, dan konsultasi kesehatan kepada warga terdampak yang pasiennya terdiri dari balita, anak-anak, dewasa, lansia hinggu ibu hamil.

Berdasarkan informasi pemerintah setempat dan survei yang dilakukan oleh tim Berau Coal-Sinar Mas Peduli, warga terdampak bencana juga membutuhkan bantuan darurat seperti sembako, perlengkapan bermukim sementara, dan perlengkapan bayi.

Di beberapa lokasi pengungsian pun banyak membutuhkan sarana air bersih.

Atas kebutuhan tersebut, tim Berau Coal- Sinar Mas Peduli langsung menyiapkan kebutuhan-kebutuhan darurat kebutuhan warga terdampak yang terdiri dari beras, minyak goreng, air mineral, sarden, mie instan, selimut, karpet, sarung, bantal, handuk, tandon air dan perlengkapan bayi.

Baca juga: Komitmen Kembangkan Kemandirian Masyarakat lewat PPM, Berau Coal Raih Penghargaan Subroto 2022

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved